Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kulon Progo di Kukuhkan

Pengukuhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Kulon Progo periode 2017-2022 berlangsung di Aula Adikarta, 15/11.  Pengukuhan dilakukan oleh Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Paku Alam. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati serta Wakil Bupati Kulon Progo serta sejumlah tamu undangan.

Dr. Hasto Wardoyo, Sp.Og (K) memberikan ucapan selamat atas pengukuhan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kulon Progo sekaligus berharap kepada pengurus baru untuk dapat membuat terobosan dan inovasi untuk lebih menggeliatkan sektor kerajinan dan industri dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, salah satunya dari sektor kerajinan serat alam, kerajinan anyaman bambu, dan kerajinan enceng gondok oleh karenanya sektor tersebut harus terus di kelola dengan baik dan disertai  inovasi baru. Inovasi tersebut sangat strategis karena Kulon Progo akan menghadapi banyak tamu dengan dibangunnya bandara NYIA, diharapkan produk-produk lokal seperti AirKu, geblek renteng, kopi, steak growol, aneka makanan, beras, dan masih banyak lainnya bisa menembus pasar yang lebih luas. Pemasaran online harus di respon oleh Dekranas sebagai alternatif  strategi pemasaran terkini.

Sementara Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Paku Alam memaparkan bahwa “Kulon Progo akan menjadi pintu masuk utama jalur transportasi udara internasional, hal ini akan berdampak pada pertumbuhan sosial ekonomi di masyarakat. Kita boleh berbangga dan optimis dengan kondisi tersebut, dan di satu sisi peran Dekransada menjadi penting, terutama upaya dalam meningkatkan pembinaan dan fasilitas kepada pengrajin. Kulon Progo akan berada di garis depan sebagai showroom kerajinan DIY, maka harus terus berkoordinasi dengan Dekranasda kabupaten/kota DIY, agar semua kerajinan di DIY dapat terpublikasi. Dengan demikian semua daerah di DIY akan merasakan dampak perkembangan dari bandara NYIA” ujar Wakil Deskranasda DIY.

 

Dalam acara tersebut diserahkan penghargaan dari Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2017 Kabupaten Kulon Progo atas prestasi yang di raih oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo. Sedangkan prestasi lain yang di peroleh dari kegiatan Gebyar UKM Indonesia yaitu produk  olahan Pegagan dan Cokelat kepada Pawon Gendis serta penghargaan yang diberikan kepada Kopi Moka Menoreh dari Gabyar UKM Indonesia 2017.

“Tentu saja pengahargaan yang diberikan karena inovasi yang diciptakan berhasil memenuhi kriteria sehingga berhak memperoleh predikat masing-masing. Hal-hal semacam inilah yang harusnya kita jaga, tingkatkan dan pertahankan demi kemajuan daerah khususnya di Kabupaten Kulon Progo”. Papar Bupati Kulon Progo