SETIAP HARI RABU ASN KULON PROGO SERAGAM BAJU PUTIH

ASN dilingkungan Pemkab Kulon Progo setiap hari Rabu akan menggunakan pakaian kemeja putih dan bawahan gelap atau hitam, sedangkan wanita berjilbab atau hamil menyesuaikan. Sementara untuk hari Senin dan Selasa seperti biasanya Pakaian Dinas Harian (PDH) warna khaki, Kamis batik Geblek Renteng dan Jum'at batik khas Kulon Progo dengan motif bebas.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pakaian Dinas Pegawai ASN dilingkungan Pemkab Kulon Progo, yang juga telah di informasikan melalui Surat Edaran ke seluruh SKPD.

Kabag Organisasi Setda, Sarji, SIP,MAP mengatakan dalam Perbup juga terdapat ketentuan selain PDH juga ASN dengan kelengkapan papan nama, lencana Korpri dan tanda pengenal, serta untuk Pejabat Tinggi Pratama dengan PDH Lengan panjang/pendek. Sedangkan bagi Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas serta pejabat  fungsional dengan PDH lengan pendek.

"Untuk Sat Pol PP, Dishub, Pemadam Kebakaran,BPBD, PPNS dan Jabatan Fungsional Kesehatan tertentu ini sesuai dengan Peraturan perundang-undangan, sudah ada ketentuannya dengan Pakaian Dinas Khusus,"terangnya.

Sarji menambahkan penggunaan pakaian dinas diluar Perbup ini harus seijin Bupati, seperti ASN di bidang tugas keprotokolan, dapat menggunakan seragam tertentu sesuai ketugasannya dan atau sesuai dengan acara yang diikuti.

Selain itu setiap tanggal 17 wajib menggunakan pakaian Korpri dengan kelengkapan papan nama, lencana Korpri dan tanda pengenal, meskipun bertepatan dengan pakaian Jawa atau tradisional tetap berpakaian Korpri. Khusus hari Jumat diperkenankan memakai pakaian olahraga saat mengikuti olahraga.   

Pakaian Tradisional Jawa Yogyakarta juga diwajibkan bagi seluruh ASN pada hari-hari tertentu yaitu peringatan berdirinya nagari Ngayogyakarta Hadiningrat, peringatan pengesahan UU No 13 tahun 2012 tentang keistimewaan DIY, peringatan berdirinya Pemda DIY, setiap Kamis Pahing dan pada moment peringatan Hari jadi Kabupaten Kulon Progo.