SELESAIKAN SIM OBAT DISKOMINFO GELAR UJI COBA DAN PELATIHAN PENGGUNA APLIKASI

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo melakukan uji Sistim Informasi Obat dan sekaligus pelatihan bagi pengguna aplikasi SIM Obat. Pelatihan dan uji coba dilakukan Kamis (20/7) di Ruang Pelatihan Dinas Komunikasi dan Informatika diikuti oleh dua puluh satu orang pengelola obat dari Puskesmas di wilayah Kulon Progo, Dinas Kesehatan dan RSUD Wates.

Pembangunan Sistem Informasi Obat merupakan salah satu dari lima kegiatan unggulan Dinas Komunikasi dan Informatika Kulon Progo yang menjadi program 100 Hari Kerja Bupati Kulon Progo. SIM Obat dibangun Dinas Komunikasi dan Informatika untuk membantu pengelola obat di Puskesmas, Dinas Kesehatan dan RSUD agar lebih mudah dalam memantau stok obat di instansi tersebut.

Memasuki bulan kedua dari 100 hari kerja bupati pembuatan SIM Obat memasuki tahap uji coba dan sekaligus entry data obat dan transaksi yang telah dilakukan mulai bulan Januari sampai Juli tahun 2017 ini. Hal ini seperti disampaikan Cahyono, ST, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Kulon Progo di sela pelatihan dan pengenalan aplikasi SIM Obat.

"Tahap pembangunan SIM Obat sudah sampai uji coba, kesempatan ini kami gunakan untuk mencari masukan dari para pengguna aplikasi sekaligus entri data stok dan transaksi yang telah dilakukan," jelas Cahyono.

Cahyono juga menambahkan aplikasi SIM Obat sudah diuji cobakan dua kali. Uji coba pertama sekitar seminggu yang lalu. Dalam uji coba pertama masih ada beberapa masukan dari pengguna untuk kesempurnaan SIM Obat ini. Saat ini tinggal entry data dan pengenalan aplikasi bagi pengelola obat.

"Uji coba pertama masih ada masukan dari pemakai berupa penambahan menu, sekarang aplikasi sudah siap digunakan" tambah Cahyono.

Rencana launching SIM Obat bersamaan dengan program unggulan yang lainnya. Launching dikemas dalam bentuk pentas seni pertunjukan tradional kethoprak di Alun alun Sabtu tanggal 5 Agustus 2017 yang akan datang.