Kulon Progo Tuan Rumah Festival dan Olimpiade ABK Tingkat DIY

Wakil Bupati Kulon Progo Drs. Sutedjo menerima panitia pelaksana Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tingkat DIY tahun 2017 di Ruang Rapat Kiskendo Pem Kab Kulon Progo, Senin, (17/7). Acara dihadiri Kasi Pendidikan Luar Biasa Dinas Dikpora DIY.

Audiensi ini dilakukan dalam rangka pemaparan kesiapan panitia kepada pihak pemerintah Kulon Progo serta persiapan akhir panitia. Kegiatan Festival dan Olimpiade Siswa Nasional tersebut akan dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Juli 2017. Pembukaan acara dilaksanakan di Alun -Alun Wates, selanjutnya proses perlombaan akan dilaksanakan di beberapa tempat disekitar Alun-Alun Wates seperti di SD Percobaan dan GOR UNY. Acara ini merupakan kerjasama dari dinas Dikpora DIY dengan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SLB Kulon Progo.

Kasi PLB Dinas Dikpora DIY, Purwadi, S.Pd. mengatakan, tahun ini Kulon Progo mendapat tugas sebagai tuan rumah kegiatan. Besar harapan semua berjalan dengan baik dan lancar sehingga nantinya masyarakat Kulon Progo juga dapat menyaksikan kelebihan dari anak-anak kami, selain perlombaan kreativitas akan digelar pameran hasil dari masing-masing Kabupeten dan Kota, pameran tersebut berisi hasil karya anak-anak kami.

"Acara  akan dihadiri sekitar 2.500 peserta dan ini membutuhkan kerjasama yang baik antar panitia, serta OPD  terkait. Serangkaian acara FLS2N dan O2SN untuk ABK tingkat DIY ini sebenarnya sudah dimulai dari tanggal 12 dan 13 Juli 2017 namun hanya bidang tertentu seperti boga, merangkai bunga, ukir, ketrampilan komputer,"kata Purwadi.

Ketua Panitia Nasoka Surya Dinata, SIP menambahkan bahwa ada sekitar 18 perlombaan yang nantinya akan dilaksanakan, peserta perlombaan terdiri dari 79 SLB se DIY. Anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kelebihan yang luar biasa, semoga kedepan acara ini tetap dapat terlaksana. Ini adalah ajang untuk anak-anak kami menunjukkan bakatnya, menunjukan kelebihannya dan ajang untuk meraih prestasi sehingga terbangun percaya diri yang kuat pada diri anak-anak kami.

Wakil Bupati Kulo Progo Drs.Sutedjo  sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, tidak ada batasan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus meraih prestasinya. Kita semua perlu mendukung acara ini, OPD terkait seperti Dinas Pendidikan Kulon Progo, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo Kulon Progo harus mampu membantu secara maksimal sehingga acara dapat terlaksna dengan maksimal pula. Kita sama-sama mendukung setiap kegiatan yang dapat memberikan manfaat untuk anak-anak Kulon Progo dan juga untuk kemajuan masyarakat Kulon Progo.