DINAS PETARUNG LAKUKAN PENDAFTARAN TANAH SERENTAK

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (PETARUNG) bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) DIY dan BPN Kulon Progo akan melakukan pendaftaran tanah secara serentak. Pendaftaran ini merupakan yang pertama kali dilakukan, meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan dalam satu wilayah Desa/ Kelurahan dan dinamakan sebagai Pendaftaran Tanah Sistimatik Lengkap (PTSL).
Tahapan PTSL meliputi Pentetapan lokasi kegiatan, Pembenttukan dan Penetapan Panitia Ajudikasi, Penyuluhan Pengumpulan dan Pengolahan data Fisik dan data yuridis Bidang Tanah, Pemeriksaan Tanah, Pengumuman data Fisik dan data Yuridis Penerbitan Keputusan Pemberian Hak atas tanah, Pembukuan Hak atas tanah, Penerbitan Sertifikat Hak atas tanah serta Penyerahan Sertifikat.
Wabup Kulon Progo Drs. H. Sutejo Rabu, (5/7), dalam acara rapat koordinasi PTSL di ruang Adikarto Pemkab Kulon Progo, mengatakan bahwa target PTSL di Kab Kulon Progo tahun ini adalah 5.400 bidang tanah yang tengah berjalan dan menurut rencana akan ditambah lagi menjadi 10.000 bidang. Rakor yang diselenggarakan Dinas PETARUNG tersebut, dihadiri oleh Kepala Kanwil BPN DIY Ir. Perdananta Ari Wibowo MCS, Kepala Kantor BPN Kulon Progo Suardi SH MH, Kepala Diskominfo Kulon Progo Drs. R. Agus Santosa, MA, Camat dan Kepala Desa se-Kulon Progo. "Secara keseluruhan jumlah tanah di Kabupaten Kulon Progo sebanyak 335.009 bidang, meliputi tanah yang sudah bersertifikat sebanyak 311.766 bidang dan yang belum bersertifikat sebanyak 23.243 bidang." tandas Wabup.
Selanjutnya, Wabup berharap melalui program PTSL ini dapat meningkatkan kualitas data pertanahan, mengurangi potensi konflik dan sengketa akses reform, meningkatkan nilai tanah dan dapat meningkatkan akses permodalan masyarakat melaui jaminan kredit Perbankan.