PERESMIAN HASIL PLPBK MEWUJUDKAN BENDUNGAN DESA BEBAS KUMUH

            Bertempat di Pedukuhan Berenan Desa Bendungan Kecamatan Wates, Kamis (25/5) berlangsung peresmian hasil-hasil pembangunan Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) oleh Staf Ahli Bupati bidang Kesra dan SDM dr.Lestaryono, M.Kes mewakili Bupati Kulon Progo.

            Acara juga dihadiri anggota DPRD Kulon Progo Edi Priyono, Camat Wates Ir Aspiyah, MSi, konsultan pendamping Kepala Desa Bendungan Mujiyo,SE dan masyarakat.

            Dalam kesempatan tersebut dikukuhkan komitmen bersama untuk mewujudkan Bendungan Bebas Kumuh serta pengukuhan Kelompok Pemanfaatan dan Pemeliharaan (KPP) Infrastruktur hasil program PLPBK yang diharapkan dapat menfasilitasi proses kegiatan pemanfaatan dan pemeliharaan infrastruktur yang telah dibangun sehingga dapat terpelihara dan terjaga kelestariannya.

            Menurut Kades Bendungan Mujiyo,SE bahwa Program PLPBK di desanya mengacu pada dokumen Rencana Tindak Penataan Lingkungan Permukiman (RTPLP) yang merupakan panduan bagi rancang bangun di kawasan prioritas untuk mengendalikan pemanfaatan ruang, penataan bangunan dan lingkungan agar sejalan dengan gagasan sosial dan pengembangan ekonomi masyarakat sebagaimana tercantum dalam dokumen pemetaan swadaya.

            "Visi Bendungan menuju desa sebagai kawasan agribisnis melalui peningkatan swakelola ekonomi terpadu dan terciptanya kesejahteraan masyarakat serta peningkatan kualitas lingkungan pemukiman yang sehat, nyaman, aman dan tertib,melalui dukungan program PLPBK senilai 2 Milyar, yakni tahun 2013 dan 2015 masing-masing sebesar 1 Milyar dengan swadaya masyarakat mencapai Rp.500 juta lebih atau 25 % lebih,"terang Mujiyo.

            Ditambahkan Mujiyo, kegiatan dilakukan oleh masyarakat melalui swakelola dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PLPBK dan swadaya masyarakat, yang dilakukan untuk segmen satu di Pedukuhan Berenan dan segmen dua di pedukuhan Mangunan. Meliputi pembangunan drainase, talud, pavingblok, ruang terbuka publik, Lampu , Taman, dan MCK.

            Sementara Staf Ahli Bupati dr.Lestaryono, M.Kes, merasa senang dengan telah tertatanya kawasan di wilayah desa Bendungan terutama di pedukuhan Berenan dan Mangunan melalui dukungan program kegiatan PLPBK yang merupakan tindak lanjut dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MP)  dan pendampingan lanjutan dari Program Kota tanpa kumuh (KOTAKU). Selain itu juga dalam rangka mendukung terwujudnya program 100-0-100. (Program 100-0-100 artinya 100% akses air minum aman, 0% permukiman kumuh dan 100% akses sanitasi layak).

.