Di Kulon Progo FORUM PENANGGULANGAN RESIKO BENCANA TINGKAT KABUPATEN BELUM TERBENTUK

       Sampai saat ini sudah ada sekitar 20 desa di Kulon Progo yang telah membentuk FPRD ( Forum Penanggulangan Resiko Bencana) di tingkat desa, namun justru di tingkat Kabupaten belum terbentuk. Hal ini disampaikan Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Kulon Progo, Ir. Gusdi Hartono, Mt, pada acara pertemuan Forum PRB Tahun 2017 di Wates, Rabu ( 22/3).
         Forum PRB ini merupakan suatu paguyuban pemangku kepentingan dan para pihak bersama-sama berbagi kepentingan dalam mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh bencana. Tujuan Forum PRB ini adalah membangun rasa kesatuan dan tanggung jawab bersama terhadap berbagai kemungkinan bencana.
Mengingat Forum PRB ini sangat penting bagi upaya antisipasi bencana dan juga sangat penting pada saat terjadi bencana, maka Kulon Progo akan segera membentuk Forum PRB Tingkat Kabupaten. Dengan pertimbangan babwa lebih baik berbuat sebanyak mungkin dengan sedikit resiko salah, dari pada tidak berbuat sama sekali walaupun tanpa resiko salah, demikian pendapat Kepala Pelaksana BPBD , Ir Gusdi hartono.
       Dalam pertemuan yang dihadiri bermacam unsur baik LSM, Para Kepala desa, dinas, Forum PRB Desa semua menyepakati bahwa Forum PRB tingkat Kabupaten agar segera terbentuk. Menurut para Kepala Desa dan juga Frum PRB tingkat desa , dengan terbentuknya Forum PRB di tingkat kabupaten akan memudahkan FRB tingkat desa dalam bergerak melaksanakan tugas.
     Kepala desa Karangwuni, yang ikut hadir dalam pertemuan ini berbagi pengalaman bahwa di Desanya Forum PRB Desa telah terbentuk sejak tahun 2014. Banyak kegiatan yang telah dilakukan menyosialisasikan upaya jika menghadapi bencana terhadap masyarakat, membuat tanda jalur evakuasi, membuat tanda titi kumpul dsb.