PILKADA KULONPROGO 2017 “NOL GUGATAN”

Kulon Progo yang tahun ini ikut melaksanakan pesta demokrasi serentak 2017, untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati, telah berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan, tanpa adanya gejolak yang berarti. Semua pihak yang yang terlibat dalam Pilkada menerima hasil rekapitulasi. Tidak ada gugatan atau "nol gugatan" yang masuk ke KPU Kulon Progo. Adapun hasil suara untuk pasangan calon 1 (paslon 1) yaitu, Drs. Zuhadmono azhari-BRAY Iriani Pramastuti (Hadir) 36.874, sedangkan paslon 2 yaitu, pasangan dr. Hasto Wardoyo S.PoG (K)-Drs.H. Sutedjo (Sehat) mendapat 220.643 suara. Hal ini dikemukakan Ketua KPU Kulon Progo, Moh. Isnaini, pada acara ‘coffee morning' yang dilaksanakan Jumat Pagi, (3/3), di KPU Kulon Progo.
Dihadapan Forkompinda Kulon Progo yang menghadiri ‘coffe morning', Isnaini menyampaikan informasi, bahwa rekapitulasi dan penetapan hasil yang dijadwalkan 22-24 Februari telah dilaksanakan tepat waktu. Tahap selanjutnya adalah menyampaikan usulan calon terpilih ke DPRD untuk diteruskan ke Menteri dalam negeri melalui Gubernur yang dijadwalkan antara 9-11 Maret. Selanjutnya, dilaksanakan pengesahan pengangkatan paling lambat 20 hari kemudian. Sedangkan antara tanggal 12 maret sampai dengan 12 Juni merupakan jadwal evaluasi dan pelaporan.
Menyinggung tentang partisipasi warga Kulon Progo dalam pilkada, Isnaini mengatakan bahwa angka partisipasi warga Kulon Progo dalam pemilu cukup tinggi, yaitu mencapai 79,73 prosen. "Kulon Progo menempati posisi paling tinggi dibandingkan dengan kota dan Kabupaten lain di DIY. Angka partisipasi Kabupaten Bantul 75,76 prosen, Sleman 72,62 prosen, Gunung Kidul 71,33 prosen, dan untuk Kota Jogjakarta Cuma 71,52 prosen," katanya.