Menyongsong Monev Keterbukaan Informasi Badan Publik 2024

Dikirim oleh anisaa pada 07 Juni 2024 09:53:16 dibaca 72 kali

Dalam rangka menguatkan peran dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam persebaran informasi kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupten Kulon Progo mengadakan rapat koordinasi forum PPID se kabupten kulon progo dengan tema Menyongsong Monev 2024 di ruang Rapat Sermo kompleks Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo pada, kamis 6/6/2024. 

Agung Kurniawan, SIP., MSi Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Monev adalah keterbukaan informasi publik dan berharap agar seluruh OPD yang ada di Forum PPID ini dapat melayani dan memberikan kemudahan dalam akses informasi kepada publik.

“Monev yang hasilnya baik tujuan utamanya bukan untuk mendapatkan penghargaan, tetapi tujuannya adalah bagaimana kita bisa memberikan keterbukaan informasi publik kita bisa melayani masyarakat sebaik-baiknya khususnya dari aspek kemudahan mengakses informasi”, jelas Agung.

Agung juga menyampaikan bahwa Kulon Progo terpilih menjadi Percontohan Kabupaten anti korupsi. Hal ini juga berkaitan dengan keterbukaan informasi publik atau PPID, karena Kulon Progo terpilih salah satunya karena adanya E-Lapor. 

“Salah satu tolak ukur KPK adalah melalui E-Lapor, yang kebetulan E-Lapor ini ada di kominfo dan basisnya adalah PPID. Kalau ada pengaduan maka akan ditarik dan kominfo menindak lanjuti sesuai kewenangannya. Kewenangan OPD atau Bupati , nanti kami yang akan proses”, tambah Agung.

Selain mempersiapkan diri mengikuti Monev di tingkat Provinsi, Agung mengingatkan bahwa sebentar lagi akan diadakan PPID Award di tingkat Kabupaten. Diharapkan seluruh OPD dapat mempersiapkan Keterbukaan Informasi Publik atau Monev secara optimal, sehingga nantinya layanan di masyarakat juga akan semakin baik. 

“Kita akan melakukan PPID Award di tingkat Kabupaten, kita juga persiapkan ke provinsi.  Dan Kulon Progo ini satu-satunya di DIY, yang memiliki tradisi PPID Award. Insyaallah yang kemarin masih menuju informatif, menjadi informatifnya semakin banyak dan kita bisa mempertahankan yang di Provinsi yaitu peringkat kedua”, kata Agung.

Kemudian Forum ini dilanjutkan dengan Diskusi dengan pemateri dari Komisi Informasi Daerah (KID DIY) Wawan Budiyanto dan Akhmad Nasir.

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang57
Unique Visitor Hari Ini293
Unique Visitor Bulan Ini60650
Hits Hari Ini1939
Hits Bulan Ini213511

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id