Kelompok Tani Hutan (KTH) Wanapaksi Sebagai Tonggak Pelestarian Lingkungan di Jatimulyo, Kulon Progo

Dikirim oleh wahyuari pada 05 Juni 2024 13:26:44 dibaca 94 kali

Kelompok Tani Hutan (KTH) Wanapaksi merupakan kelompok tani hutan yang memiliki upaya pelestarian lingkungan di Kalurahan Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo dan ditunjuk untuk mewakili Provinsi DIY sebagai calon kandidat penerima penghargaan Kalpataru Tingkat Nasional pada Kategori Penyelamat Lingkungan. 

KTH Wanapaksi memiliki tujuan untuk membangun kualitas kesejahteraan hidup bersama untuk masa kini dan masa depan melalui kegiatan aneka usaha berwawasan konservasi. KTH Wanapaksi banyak melakukan kegiatan-kegiatan seperti konservasi bersama masyarakat serta mitra-mitra terkait. Saat ini KTH Wanapaksi memiliki beberapa usaha seperti peternakan lebah madu tanpa sengat (klanceng), usaha Ekowisata pengamatan Burung, dan  program adopsi burung bersarang.

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2024, KTH Wanapaksi menerima piagam penghargaan Kalpataru Kategori Penyelamat Lingkungan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Selain KTH Wanapaksi di kategori penyelamat lingkungan, piagam penghargaan juga diterima oleh Masyarakat hukum Adat Punan Batu Benau Sajau dari Kaltara dan Kelompok Sadar Wisata Bekayuh Baumbai Bebudaya dari Kaltim. Selain piagam, juga diberikan tabungan penghargaan Kalpataru untuk setiap kategori yang diterima. Kalpataru merupakan penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas kepeduliannya terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Selanjutnya para penerima penghargaan juga akan melakukan penandatanganan kesanggupan untuk mereplikasi kegiatan yang telah dilakukan dalam tahun-tahun mendatang, sebagai komitmen dan amanah lanjutan untuk tetap meningkatkan upaya-upaya menjaga lingkungan. /MC.Kab.Kulonprogo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang84
Unique Visitor Hari Ini283
Unique Visitor Bulan Ini60640
Hits Hari Ini1863
Hits Bulan Ini213435

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id