Burung Kacer : Maskot Pilkada Kulon Progo 2024

Dikirim oleh wahyuari pada 05 Juni 2024 09:31:11 dibaca 157 kali

Wates, Tumbuhkan spirit Pemilihan Kepala-wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kulon Progo Tahun 2024, Penjabat (Pj) Bupati Kulon Progo Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A resmikan Jingle lagu dan maskot Pilkada 2024 Kulon Progo berupa simbol burung Kacer, Sabtu (1/6/2024).

Acara peluncuran Jingle dan Maskot Pilkada Kulon Progo 2024 diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo di lapangan Alun-alun Wates.

Selaku Ketua KPU Kulon Progo Budi Priyana, S.Pt mengatakan bahwa maskot burung kacer dipilih karena merupakan fauna khas Kulon Progo.

"Maskot ini berasal dari fauna khas Kulon Progo yang ada SK Bupatinya" ujar Budi.

"Fauna tersebut ber ciri khas warna hitam dan putih itu melambangkan bahwa kita sebagai penyelenggara pemilu mengedepankan ketegasan bahwa yang benar adalah benar, dan yang salah adalah salah" jelasnya.

Maskot Pilkada Kulon progo 2024 diberi nama "KacerKu" yang mengandung maksud dalam bahasa jawa, Kanthi Cerdas Kulon Progo Memilih, dan juga Kanggo Moncering Kulon Progo  (Kulon Progo cerdas memilih untuk kecemerlangan Masadepan Kulon Progo).

Ahmad Shidqi, S.Thi., M.Hum selaku Ketua KPU DIY dalam sambutannya menyampaikan bahwa diselenggarakannya peluncuran Jingle lagu dan Maskot Pilkada Kulon Progo menandakan bahwa penyelenggaraan Pilkada KP akan berlangsung meriah.

"Peluncuran pada malam hari ini yang itu artinya bahwa pelaksanaan Pilkada serentak di Kulon Progo bukan hanya sudah di mulai tetapi pelaksanaan Pilkada berlangsung akan lebih meriah dan riang gembira" kata Ahmad.

"Jadi Jingle dan maskot ini sebenarnya sebuah simbol ajakan kepada seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada Kulon Progo" tambah Ahmad.

Pj. Bupati Kulon Progo saat memberikan sambutan acara, meyakini peluncuran maskot dan jingle lagu dapat meningkatkan semangat para petugas Pilkada "maskot dan jingle ini harus menciptakan spirit bagi kita selama menjalankan tugas". 

Siwi menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban Pilkada.

"Pilihan boleh berbeda, pendapat boleh tidak sama, akan tetapi yang terpenting adalah menghargai dan menghormati pilihan satu sama lain, agar tercipta keamanan dan ketertiban dalam masyarakat".

Acara berlangsung meriah, diramaikan oleh penampilan Angguk Kenes dan band ternama asal Kulon Progo "Karna Mereka", di hadiri oleh sekda dan ketua DPRD Kulon Progo, jajaran Forkopimda Kulon Progo, ketua KPU Sleman, Bantul, dan Gunung Kidul, serta segenap anggota panitia pelaksana Pilkada Kulon Progo 2024. /MC.Kab.Kulon Progo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang59
Unique Visitor Hari Ini275
Unique Visitor Bulan Ini60632
Hits Hari Ini1728
Hits Bulan Ini213300

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id