Penjabat Bupati Kulon Progo Baru Resmi Dilantik

Dikirim oleh wahyuari pada 27 Mei 2024 08:23:46 dibaca 433 kali

Yogyakarta, Ir. Srie Nurkyatsiwi MMA jabat Pj. Bupati Kulon Progo gantikan Ni Made Dwipanti Indrayanti ST MM. Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan dilakukan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (22/5/2024).

Sultan dalam sambutannya berharap Pj. Bupati Kulon Progo perlu mengoptimalkan peran wilayahnya sebagai kota bandara, melalui potensi smart agriculture, smart tourism, dan circular economy.

"Pemerintah Kabupaten Kulon Progo harus cermat dalam memilih dan memilah investor dengan ketat dalam proyek Aerotropolis YIA sesuai program pembangunan yang telah direncanakan bersama Pemda DIY," kata Sultan.

Sultan mendorong kerjasama dengan JICA harus terus dilanjutkan, untuk mengintegrasikan kawasan bandara dengan pengembangan infrastruktur pendukung yang efektif, agar memberikan benefit nyata bagi Kabupaten Kulon Progo. 
Selain itu dirinya juga mendorong Pemkab Kulon Progo untuk memberikan dukungan khusus bagi UMKM untuk meningkatkan standar dan keterjangkauan produk mereka, agar memenuhi kualitas internasional dengan memanfaatkan fasilitas di YIA, untuk mempromosikan produk-produk terkurasi kepada wisatawan internasional

"Terakhir, Penjabat Bupati Kulon Progo, juga harus memastikan program bantuan sosial lansia dapat berjalan efektif dalam bingkai akuntabilitas dan berkeadilan, dengan kolaborasi lintas sektor antar level pemerintahan," tegas Sultan.

Sementara Pj. Bupati Kulon Progo Ir. Srie Nurkyatsiwi MMA menyampaikan kesiapannya dalam menjalankan program yang telah direncanakan dan penekanan-penekanan khusus yang diharapkan Gubernur DIY.

"Pastinya seperti yang sudah saya sampaikan, apa yang sudah dilakukan oleh Pj. sebelumnya, Bu Made, pasti kami akan lanjutkan sesuai apa yang direncanakan. Terkait UMKM seperti arahan Ngarso Dalem, pasti akan ditindaklanjuti sesuai dengan rencana dan existing yang sudah dilakukan. Untuk Goalnya, target yang akan dicapai yaitu dengan Digitalisasi, peningkatan Kapasitas SDM. Semua sudah ada, tinggal bagaimana nanti pembenahan disana," ucap Siwi.

Siwi yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, akan memastikan keberlanjutan aerotropolis dengan melibatkan pelaku UMKM di Kulon Progo. Namun demikian menurutnya masih perlu pembenahan, pendampingan dan pembinaan dari lintas sektor agar kualitas UMKM bisa meningkat dan bersaing.

"Bagaimana go internasional, karena Kulon Progo dekat dengan Bandara. Maka kesempatan ini harus dimanfaatkan. Go internasional tapi kan harus dikuatkan dari manajemennya juga, bagaimana strategi pemasaran dan kesiapan untuk ekonomi digital," terang Siwi.
  
Siwi juga akan menindaklanjuti program penurunan kemiskinan di Kulon Progo dengan penguatan data yang akurat sehingga dapat diintervensi secara tepat , karena intervensi setiap orang akan berbeda-beda.

"Ini butuh sebuah sistem yang sama, harapannya nanti disemgkuyung bersama. UMKM, bukan karena sebuah mandatori tapi memang menjadi kebutuhan bersama. UMKM naik kelas itu bukan hanya UMKM nya saja tapi pemerintahnya juga," terang Siwi./MC.Kab.KulonProgo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang46
Unique Visitor Hari Ini290
Unique Visitor Bulan Ini60647
Hits Hari Ini1915
Hits Bulan Ini213487

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id