Rakordalbang Triwulan I 2024

Dikirim oleh wahyuari pada 27 Mei 2024 08:10:17 dibaca 113 kali

Wates, Jelang berakhirnya masa jabatan sebagai Pj. Bupati Kulon Progo periode 2023-2024 pada 22 Mei 2024, Ni Made Dwipanti Indrayanti ST MM berharap program kegiatan strategis yang sudah ia inisiasi dapat terus dilanjutkan dalam rangka mewujudkan konsistensi antara kebijakan dengan pelaksanaan dan hasil rencana pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan (Rakordalbang) Triwulan I Tahun 2024 yang berlangsung di Aula Adikarto Gedung Kaca, Selasa (21/5/2024).

"Harapan saya, kinerja yang sudah baik ini dapat kita pertahankan dan kita tingkatkan untuk melayani masyarakat Kulon Progo, sehingga menjadi makin sejahtera," kata Ni Made.

Namun demikian menurut Ni Made, ada beberapa catatan-catatan yang masih perlu diperhatikan dari hasil evaluasi Triwulan I Tahun 2024. Hal itu diantaranya beberapa Target Kinerja Tujuan Daerah yang belum tercapai, gap kinerja Keuangan yang tinggi dan masih rendahnya realisasi Kinerja Pengadaan Barang/Jasa.

"Meskipun ini masih di Triwulan I, Perangkat Daerah perlu melakukan evaluasi dan identifikasi terhadap faktor-faktor pendukung keberhasilan serta penghambat kinerja sebagai bahan masukan untuk evaluasi serta perencanaan selanjutnya," terang Ni Made.

Ni Made juga menekankan untuk menindak lanjuti beberapa catatan dan rekomendasi  yang disampaikan oleh Gubernur DIY atas kinerja Pemkab Kulon Progo diantaranya adalah optimalisasi penurunan angka kemiskinan agar dapat berjalan dengan baik  serta sesuai dengan target yang diharapkan.

Mengakhiri sambutan Ni Made menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas dedikasi, kerjasama dan bantuan dari seluruh jajaran Pemkab Kulon Progo, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya sebagai Penjabat Bupati Kulon Progo dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Banyak prestasi dan penghargaan yang kita dapatkan semuanya merupakan kerja kita bersama", tutur Ni Made.

Kepala Bappeda Kabupaten Kulon Progo Ir Muh Aris Nugroho MMA melaporkan secara umum capaian kinerja fisik Pemkab Kulon Progo pada Triwulan I sudah cukup baik dengan gap sebesar 0,4 point dengan realiasi 28,97 dari target 29,37. Akan tetapi Kinerja Keuangan ada gap sebesar 8,38 point dengan realiasi 16,91 dari target 25,29.

"Banyaknya kendala dalam penggunaan SIPD sebagai penatausahaan keuangan menyebabkan banyak sub kegiatan yang capaian keuangan tidak optimal", jelas Aris.

Selain itu, proses pengadaan juga mengalami keterlambatan karena masih menunggu Juknis DAK Fisik 2024 dan adanya perubahan kebijakan dari LKPP terkait PPK.

Sementara itu peringkat kinerja terbaik perangkat daerah periode Triwulan I lingkup eselon II diperoleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan disusul BKPP dan Dinas Kominfo, sedang lingkup eselon III terbaik diraih BPBD, Kapanewon Panjatan dan Kalibawang. /MC.Kab.Kulonprogo/Humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang52
Unique Visitor Hari Ini266
Unique Visitor Bulan Ini60623
Hits Hari Ini1555
Hits Bulan Ini213127

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id