Kelurahan Wates mengikuti Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi DIY Tahun 2024

Dikirim oleh anisaa pada 21 Mei 2024 15:27:41 dibaca 1023 kali

Wates - Rombongan tim penilaian lomba kelurahan tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkunjung ke wilayah RW 02 Beji, Kelurahan Wates, Kulon Progo dan mengambil tema “Beji Nyawiji” pada Selasa (21/05/2024). Mereka datang untuk melakukan Klarifikasi atau Verifikasi Lapangan untuk melakukan pencocokan data administrasi dengan kondisi riil di Kelurahan Wates yang mewakili Kulon Progo dalam rangka lomba Kelurahan tingkat DIY. 

Lomba ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kalurahan serta Petunjuk Pelaksanaan Lomba Desa tahun 2024 dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri. Lomba Desa/Kelurahan tingkat DIY tahun 2024 ini mengangkat tema “Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa Dan Kelurahan Berkualitas”.

Tahapan Klarifikasi Lapangan ini merupakan tahapan kedua, dari penilaian perlombaan. Lomba Desa/Kalurahan dan Kelurahan Tingkat DIY Tahun 2024 ini diikuti oleh empat Kalurahan dan tiga Kelurahan di DIY. Di Kabupaten Kulon Progo, selain Kelurahan Wates juga ada Kalurahan Jatirejo, Lendah yang mewakili Lomba Kalurahan tingkat Provinsi DIY. 

Di temui dalam sesi wawancara Ketua RW 02 Beji, Puji Hartono menyampaikan manfaat dari kegiatan lomba ini diharapkan mampu mendorong Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) agar aktif melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. 

“Kegiatan ini untuk menggugah kegiatan-kegiatan yang selama ini di rintis oleh kita untuk evaluasi dan juga menggerakkan LKK yang ada di sini agar bisa aktif melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat”, jelas Puji.

Bambang Sunartito Lurah Wates, menyampaikan bahwa Beji merupakan wilayah yang strategis karena memiliki potensi-potensi yang bisa disajikan secara maksimal dalam lomba.

“Wilayah Beji ini sangat strategis untuk dilakukan sebagai titik sample karena potensi yang ada di sini begitu banyak, ada rumah sakit, banyak kuliner, kemudian ada pasar swasta, vokasi UGM, dan sekolah terpadu, kemudian ada taman. Di sini juga ada penggemar sepeda onthel, inilah yang mewarnai nanti ketika lomba ini kita sajikan bersama masyarakat. Terkait dengan KWT, pengolahan sampah dan magot, menjadi icon di Wates satu-satunya”, tegas Bambang.

Selain itu Bambang juga berharap, melalui lomba ini pemerintah dapat semakin mendukung Kelurahan Wates menjadi semakin maju.

“Ini kedepan harapan kita semoga pemerintah kabupaten Kulon Progo dengan adanya seperti ini semakin lebih komitmen menjadikan kelurahan Wates satu-satunya untuk bisa tetap maju menjadi sebuah ibu kota administratif di Kabupaten Kulon Progo”, harap Bambang. /MC.Kab.Kulonprogo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang63
Unique Visitor Hari Ini285
Unique Visitor Bulan Ini60642
Hits Hari Ini1870
Hits Bulan Ini213442

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id