Pj Bupati Kulon Progo Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024

Dikirim oleh mcharry pada 02 Mei 2024 14:13:20 dibaca 149 kali

Wates – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024. Upacara di pusatkan di Alun-alun Wates pada Kamis (2/5/2024).

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T.,M.T bertindak sebagai Pembina Upacara membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Makarim.

Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 yang mengusung tema Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar, Mendikbudristek menyatakan Program Merdeka Belajar yang telah dilaksanakan selama 5 tahun terakhir ini sudah memberi wajah baru bagi pendidikan Indonesia.

“Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan”, terang Ni Made.

Ditemui usai Upacara, Ni Made menyampaikan harapannya terhadap gerakan Merdeka Belajar untuk Pendidikan, agar dapat di lanjutkan.

“Merdeka Belajar ini diharapkan dapat menjadi bagian sistem pendidikan kita kedepannya, tetap beradaptasi dengan kondisi masing-masing, Saya kira seperti itu. Apa yang baik kita ambil, apa yang menjadi kekurangan dari kebijakan itu bisa kita sesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing di Daerah”, jelas Ni Made.

Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia dibangun melalui gerakan Merdeka Belajar. Merdeka Belajar sendiri memberikan kebebasan baik bagi siswa maupun pendidik. Melalui Merdeka Belajar, Pendidikan sendiri tidak terbatas formal saja, namun juga informal.

“Pada prinsipnya bahwa pendidikan itu tidak terbatas dari pendidikan formal saja, yang non formal saya kira juga sangat-sangat membantu dari sisi perkembangan Daerah khususnya melahirkan generasi-generasi muda yang bertanggungjawab”, tambah Ni Made.

Selain itu, Drs. Nur Wahyudi, MM Kepala Dinas Pendidikan Kulon Progo juga menyampaikan bahwa Hardiknas ini merupakan sebuah momentum kebangkitan dari Pandemi. Namun melalui Pandemi ini, kita bisa belajar bahwa pendidikan secara daring juga mampu untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa. 

“Tentu ini merupakan sebuah momentum kebangkitan setelah kemarin beberapa tahun Pandemi, dan kegiatan belajar mengajarnya menggunakan daring. Tapi ini juga pembelajaran juga bagi kami, ternyata pendidikan tidak harus secara luring tapi ternyata daring juga bisa untuk peningkatan kualitas pendidikan bagi anak-anak kita di Indonesia”, kata Nur. 

Dalam kesempatan ini Pj Bupati juga menyerahkan tujuh piagam penghargaan  Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024. Ketujuhnya atas nama Triana Nur Soimah (Bidang Pendidikan), Ponang Merdugandang (Bidang Seni Budaya), Tegar Cahya Putra (Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata), Muhammad Dwi Prasetya (Bidang Pangan), Juli Arna Tri Sundari (Bidang Inovasi Teknologi), Miya Farhanan Toha (Bidang Pendidikan) dan Setia Pambudi (Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata). /MC/Kab.Kulon Progo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang27
Unique Visitor Hari Ini372
Unique Visitor Bulan Ini52231
Hits Hari Ini1658
Hits Bulan Ini197718

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id