Sarasehan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat Se-Kabupaten Kulon Progo

Dikirim oleh mcharry pada 29 April 2024 19:47:50 dibaca 129 kali

Masalah kesehatan jiwa di masyarakat sangat luas dan kompleks, tidak hanya terkait orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) atau Orang dengan disabilitas Psikososial (ODDP), tetapi juga berbagai problem psikososial, bahkan berkaitan dengan kualitas hidup dan keharmonisan hidup. Perlu menjadi perhatian khusus dari Pemerintah untuk mencegah dan menangani permasalahan tersebut oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Kulon Progo  dan Pusat Rehabilitasi YAKKUM menyelenggarakan Sarasehan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat Se-Kabupaten Kulon Progo di Balai Kalurahan Kaligintung pada Senin (29/4/2024).

Penanganan permasalahan kesehatan jiwa tidak cukup dengan memberikan akses layanan medis/kesehatan kepada ODDP, tetapi juga membuka akses ke layanan sosial, kemandirian dan ekonomi. Saat ini, Kabupaten Kulon Progo telah memiliki Peraturan Bupati No. 85 Tahun 2021 terkait Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pengendalian Kesehatan Jiwa Tahun 2021 - 2025, dimana kebijakan ini menjadi pedoman bagi semua pihak ditingkat kalurahan, kapanewon dan kabupaten untuk bisa bersinergi bersama dalam penanganan kesehatan jiwa.

Salah satu strategi yang dituangkan dalam RAD ini yaitu kesehatan jiwa berbasis masyarakat dan rehabilitasi sosial dimana ini merupakan suatu pendekatan pelayanan dan strategi penanganan kesehatan jiwa dengan melibatkan aktif peran masyarakat dan pemangku kepentingan melalui adanya forum TPKJM (Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat) ditingkat kapanewon.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan Pusat Rehabilitasi YAKKUM memfasilitasi Sarasehan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) se Kabupaten Kulon Progo dengan tema “Nglaras Rasa Kanggo Saras Jiwa”. kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan membangun komitmen bersama antar pemangku kepentingan terkait upaya pelayanan kesehatan jiwa dengan lintas sektor baik ditingkat kalurahan, kapanewon dan Kabupaten Kulon Progo.

Drs. Agus Hidayat M.Si, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) sebagai perwakian dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam sambutannya berharap agar permasalahan kesehatan jiwa dan rencana serta proposal yang akan dilakukan dalam penanganan kesehatan jiwa bisa dipahami oleh semuanya. Layanan kesehatan jiwa dalam lintas sektor ini juga harus menjadi perhatian bersama, dirinya pun berharap permasalah kesehatan jiwa ini untuk bisa dipecahkan bersama.

“Kab. Kulon Progo merupakan wilayah tertinggi dengan kasus gangguan jiwa di DI Yogyakarta. Angkanya mencapai 1452 warga. Sehingga perlu penanganan dari semua pihak, tidak hanya dari pemerintah, tetapi masyarakat dan kepedulian warga” jelas Agus

“ Kegiatan ini sangat bagus untuk Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Kami berharap pesan ini bisa sampai ditingkat bawah. TPKJM bisa menangani warga kita yang memiliki ODDP. Sehingga sampai tingkat kalurahan dapat menganggarkan program kesehatan jiwa” lanjutnya

“Kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk berdiskusi dan menyampaikan “uneg-uneg” terkait penanganan kesehatan jiwa di Kulon Progo. Kapanewon Temon sudah mendapatkan bantuan dari Pusat Rehabilitasi YAKKUM. Kalurahan Kaligintung memiliki laboratorium Kelompok Swabantu yang telah mampu dikelola oleh kelompok orang dengan disabilitas psikososial” kata Agus

Lurah Kaligintung, M. Fuad berpendapat, “Kita semua harus peduli dan merangkul saudara-saudara ODDP. Jangan main-main dalam mengurus mereka karena ada ruh Agama juga ruh Negara. Simbol keberhasilan suatu Negara adalah ketika kita bisa meminimalisir masalah-masalah yang ada di Masyarakat.”

Lurah Kaligintung dalam kegiatan ini juga turut mengajak seluruh Lurah yang hadir untuk bisa mengalokasikan anggaran dana desa melalui APBKal untuk Program Kesehatan Jiwa berbasis Masyarakat. tidak hanya itu, dalam penjelasannya, Lurah Kalurahan Kaligintung - Fuad bersama jajarannya telah menyediakan 2 lahan kas desa yang dapat dikelola oleh kader kesehatan jiwa dan kelompok swabantu disabilitas psikososial untuk dijadikan kelompok usaha bersama berupa tanaman padi dan hasil kebun lainnya.

Melalui kepercayaan yang dibangun untuk warga disabilitas psikososial, Fuad berharap tidak ada lagi peningkatan jumlah warga ODDP. Fuad pun menekankan bahwa harus ada anggaran khusus untuk penanganan ODDP karena mereka adalah bagian dari warga masyarakat dan bisa terwujud inovasi dalam penanganan kesehatan jiwa. Menurutnya, tolak ukur keberhasilan negara dan pemerintah dalam penanganan orang dengan disabilitas adalah menjadikan mereka bagian dari kita.

Project Manager Kesehatan Jiwa berbasis Masyarakat - PRYAKKUM, Siswaningtyas mengatakan “Kegiatan Sarasehan TPKJM ini merupakan wadah untuk sharing bagaimana pemerintah kalurahan dalam menyediakan layanan dan program kesehatan jiwa dan rehabilitasi sosial bagi orang dengan disabilitas psikososial. 5 kalurahan di Kapanewon Temon telah berkontribusi aktif dalam mendampingi warganya yang mengalami gangguan jiwa melalui kunjungan rumah bagi ODDP dan keluarganya oleh kader kesehatan jiwa, memfasilitasi kelompok swabantu disabilitas psikososial dan pembinaan kader.”

Siswaningtyas juga menjelaskan bahwa pemulihan ODDP tidak terbatas dengan adanya intervensi medis saja, tetapi lebih banyak porsinya di rehabilitasi sosial. Dengan adanya dukungan pemerintah kalurahan bersama kader kesehatan jiwa, maka pemerintah kalurahan  mampu memobilisasi warga untuk dapat menerima Orang dengan disabilitas psikososial. Hal tersebut bisa membantu mereka untuk mandiri dan berdaya.

Wadah TPKJM ini mengajak seluruh pemerintah kalurahan untuk mengalokasikan anggaran bagi program dan layanan kesehatan jiwa dan rehabilitasi sosial berbasis masyarakat. Hal ini untuk menyikapi jumlah kasus gangguan jiwa di Kulon Progo yang tertinggi di DIY. Pemerintah Kalurahan memiliki otonomi dalam mengelola pemerintahannya sendiri. Pemerintah Kalurahan didorong untuk tidak terbatas merespon penanganan kegawatdaruratan saja, tetapi juga pendampingan dari aspek medis, sosial dan produktivitas Orang dengan disabilitas psikososial. /MC.Kab.Kulon Progo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang23
Unique Visitor Hari Ini297
Unique Visitor Bulan Ini52156
Hits Hari Ini1449
Hits Bulan Ini197509

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id