Penandatanganan Nota Kesepakatan Antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan PT Angkasa Pura I

Dikirim oleh mcharry pada 29 April 2024 19:37:32 dibaca 137 kali

Wates – Dalam rangka peningkatan Daya Saing dan Potensi Daerah Kabupaten Kulon Progo, PT Angkasa Pura I bersama Pemerintah Kabupaten Kulon Progo tandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU). Penandatanagan dilakukan oleh General Manager PT. Angkasa Pura I Ruly Artha dan Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T.,M.T  di Ruang Menoreh Pemkab Kulon Progo pada Senin (29/4/2024).

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama tersebut dalam rangka peningkatan daya saing dan potensi Kulon Progo, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Adanya peraturan terbaru dari Kementrian Perhubungan, mengenai status baru Bandara Solo dan Semarang dari status Internasional menjadi Domestik menjadi salah satu peluang positif bagi Bandara YIA, hal ini disampaikan oleh General Manager PT. Angkasa Pura I, Ruly Artha. 

“Sudah ada aturan terbaru dari Kementerian Perhubungan yang menunjukkan bahwasanya untuk Bandara pendukung kita, yaitu khususnya Solo dan juga Semarang saat ini sudah turun menyandang status Internasional menjadi Domestik. Jadi untuk saat ini yang menjadi Bandara Internasional untuk area Jawa khususnya, adalah YIA dan Surabaya. Jadi ini menjadi salah satu peluang yang cukup Luar Biasa yang mungkin bisa kita untuk semakin semangat mengembangkan traffic yang ada di Bandara dan juga mengembangkan DIY pada umumnya, dan khususnya adalah Kulon Progo”, jelas Ruly. 

Selain itu, Ruly juga berharap adanya kolaborasi dan sinergitas untuk mengoptimalkan peran serta Kulon Progo dalam pengembangan daya saing dan potensi daerah. Salah satunya adalah bergabungnya Kulon Progo di pintu kedatangan tamu, tourism information center agar dapat menampilkan dan menunjukkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Kulon Progo secara langsung kepada khalayak luas baik tamu domestik maupun  Internasional.

“Dan kami melihat perlu juga kolaborasi, bahwasanya di pintu kedatangan itu kami ada tourism information center. Mungkin itu dalam waktu dekat bisa dikolaborasikan dengan Kulon Progo untuk bisa aktif bergabung di situ. Untuk jika terdapat informasi dari warga negara asing mungkin bisa kita optimalisasikan”, tambah Ruly.

Pj Bupati menyampaikan bahwa keberadaan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) yang merupakan salah satu Bandara Internasional di pulau Jawa, merupakan peluang bagi Kulon Progo. Namun juga menjadi tantangan besar bagi Kulon Progo sehingga harus diikuti juga dengan pelayanan yang semakin baik.

“Ini tantangan berat juga bagi kita semua, khususnya kami di Kulon Progo ini. Bagaimana kemudian Privillege yang diberikan kepada Kulon Progo, khususnya keberadaan Bandara YIA ini harus kemudian ditanggapi dengan effort yang besar juga, untuk kemudian meningkatkan dari sisi kualitas layanan. 

Dalam tanggapannya Pj Bupati, menyampaikan harapannya agar keberadaan Bandara YIA ini memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Kulon Progo. 

“Harapan besar kami keberadaan Bandara Internasional Yogyakarta ini akan memberikan kemanfaatan yang luar biasa bagi Kulon Progo, khususnya masyarakat Kulon Progo. Baik dari sisi Sumber Daya Manusianya maupun dari sisi perekonomiannya”, harap Ni Made. /MC.Kab.Kulon Progo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang28
Unique Visitor Hari Ini369
Unique Visitor Bulan Ini52228
Hits Hari Ini1645
Hits Bulan Ini197705

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id