Lokarya 7 Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 Kabupaten Kulon Progo

Dikirim oleh mcharry pada 27 April 2024 19:35:30 dibaca 154 kali

Pengasih, Guru Penggerak merupakan episode kelima dari rangkaian Kebijakan Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), untuk merealisasikan program tersebut Kemendikbudristek melalui Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Daerah Istimewa Yogyakarta gelar kegiatan Pendampingan Kelompok/Lokakarya 7 Kabupaten Kulon Progo di pendopo Taman Budaya Kulon Progo (TBK), Sabtu (27/4/24).

Program PGP bertujuan guna memberikan bekal terhadap guru dalam menjadi pemimpin pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan potensi peserta didik dan aktif mengembangkan pendidik lainnya dalam mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Pada sambutan sekaligus laporan panitia Kepala BBGP DIY, Dr. Adi Wijaya, S.Pd.,M.A yang diwakili oleh Dr. Sumaryanta, S.Pd., M.Pd menyampaikan “Guru Penggerak ini kita desian dengan program yang lumayan panjang diselenggarakan sekitar 6 bulan dan sudah dilewati oleh calon Guru Penggerak yang saat ini Hadir”.

“program guru penggerak kali ini yang kita ikuti adalah program guru penggerak angkatan 9 dimana BBGP DIY mendapatkan tugas melaksanakan program guru penggerak ini di 10 Kabupaten Kota di DIY dan DKI dengan total sasaran 1549 orang dengan rincian 719 yang dari DIY dan 830 dari DKI Jakarta” jelas sumaryanta.

Melalui pemutaran video sambutan kepala BBGP DIY berarap nantinya para guru penggerak dapat melaksanakan pendidikan yang berpusat pada murid dengan melibatkan orangtua “Saya juga berharap bapak ibu guru penggerak nantinya dapat merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua” ucap Adi.

Pj. Bupati Kulon Progo Ini Made Dwipanti Indrayanti, S.T., M.T dalam kehadirannya yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Kulon Progo Drs. Jazil Ambar Was’an menyampaikan “kita syukuri bahwa Kabupaten Kulon Progo merupakan daerah sasaran pertama di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Program Pendidikan Guru Penggerak, oleh karena itu saya sungguh menyambut baik adanya kegiatan ini”.

Made berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi para guru lain untuk terus berkembang dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik “Semoga kegiatan yang terselenggara pada hari ini bisa menjadi inspirasi dan semangat bagi guru-guru di daerah lain untuk terus mengembangkan dirinya dan semakin bersemangat dalam menjalankan ketugasannya sebagai seorang pendidik”.

Drs. Nur Wahyudi, M.M selaku kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kulon Progo mengatakan “mudah-mudahan tujuan dari pelatihan guru penggerak ini betul-betul bisa tercapai karena guru penggerak sebagai pemimpin kegiatan belajar mengajar kemudian juga menjadi inspirasi yang lain, menggerakkan guru yang lain, sekolah yang lain, untuk terus bergerak baik fisik maupun secara pikirannya sesuai dengan dinamika perkembangan yang ada di Kabupaten Kulon Progo”.

Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Kulon Progo Heru Santoso, S.Pd., M.Eng pada kesempatannya juga menyampaikan “pemerintah tidak ada henti-henti nya dalam mendorong kegiatan dalam proses pembelajaran, semua instansi terkait mendorong demi keberhasilan proses pendidikan di Kabupaten Kulon Progo ini”

“tentu memang partisipasi dari semua sekolah yang terlibat ini harus betul-betul siap dan harus berhasil” tambah Heru.

Mengusung tema Panen Hasil Belajar, para peserta calon Guru Penggerak juga memaparkan hasil belajar serta inovasi selama 6 bulan berproses, serta stan pameran Festival Panen Hasil Belajar Pendidikan Guru Penggerak Angkatan yang menyajikan karya dari 113 calon guru penggerak di Kabupaten Kulon Progo. /MC.Kab.Kulon Progo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang18
Unique Visitor Hari Ini273
Unique Visitor Bulan Ini52132
Hits Hari Ini1362
Hits Bulan Ini197422

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id