Sekda Kulon Progo Pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024

Dikirim oleh mcharry pada 25 April 2024 19:33:34 dibaca 118 kali

Wates – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kulon Progo Triyono, SIP.,M.Si memimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTODA) XXVIII Tahun 2024, di Halaman Kantor Pemkab Kulon Progo pada Kamis (25/4/2024).

Dalam peringatan Hari Otoda 2024, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memberikan arahan yang pada kesempatan tersebut dibacakan oleh Sekda Kulon Progo. Hari Otoda 2024 mengusung tema Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat.

“Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggungjawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang”, ujar Triyono.

Selanjutnya Sekda Kulon Progo mengungkapkan, dalam konteks ekonomi hijau merupakan salah satu strategi transformasi ekonomi Indonesia untuk mencapai visi 2045, kebijakan tersebut memberikan ruang bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam secara lebih efisien dan berkelanjutan.

“Dengan menggabungkan kebijakan otonomi daerah yang berfokus pada pembangunan ekonomi hijau, kita dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan”, jelasnya.

Selain itu, disamping mendorong percepatan perbaikan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam konteks ekonomi hijau, Pemerintah juga dituntut untuk mendorong program pembangunan nasional, seperti: Penanganan Stunting, Penurunan Kemiskinan Ekstrem dan Pengendalian Inflasi.

“Pemerintah Pusat menargetkan tahun 2024 angka stunting anak turun menjadi 14 persen secara nasional, untuk itu koordinasi dan sinergitas seluruh jajaran Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota perlu ditingkatkan dalam mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya menekan angka stunting di wilayah masing-masing”, ungkapnya.  

Di akhir upacara, Triyono menyampaikan bahwa Drs. H Sutedjo Bupati Kabupaten Kulon Progo periode masa jabatan 2017–2022 hari ini menjadi salah satu kepala daerah di indonesia yang akan menerima penghargaan Satyalancana. Tanda Kehormatan itu rencananya diberikan dalam upacara peringatan Otoda XXVIII di Taman Surya Balai Kota Surabaya.

“Bahwa pada hari ini Bapak Drs. H. Sutedjo Bupati Kulon Progo periode tahun 2017-2022 menerima Satyalancana Karya Bahkti Praja Nugraha atas pelaksanaan pemerintahan daerah berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah pada tahun 2022 terhadap LKPD Tahun 2021, yang akan diberikan pada peringatan upacara otonomi daerah secara Nasional yang dilaksanakan di Surabaya pada hari ini”, tambahnya. /MC.Kab.Kulon Progo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang19
Unique Visitor Hari Ini271
Unique Visitor Bulan Ini52130
Hits Hari Ini1351
Hits Bulan Ini197411

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id