Penerimaan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan II Tahun 2024 BPSDM Pro

Dikirim oleh mcharry pada 24 April 2024 19:25:05 dibaca 128 kali

Wates – BPSDM Propinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan II Tahun 2024, dan melakukan visitasi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Lokusnya adalah Kabupaten Kulon Progo dengan tema yang diangkat adalah “Transformasi Tata Kelola Pemerintahan Untuk Peningkatan Pemanfaatan Produk-Produk Dalam Negri Melalui Pemberdayaan Ekonomi Lokal”. Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) di terima langsung oleh Penjabat Bupati Kulon Progo dengan di dampingi oleh Kepala Bapedda dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo pada Rabu (24/4/2024) di Ruang Menoreh. 

Drs. Ramliyanto, .P.,M.P selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa Pemilihan Kabupaten Kulon Progo sebagai Lokus dari PKN, juga didasarkan pada tema yang memiliki kesinambungan dengan kebijakan-kebijakan yang dimiliki oleh Kabupaten Kulon Progo. Dimana memiliki kebijakan yang berpihak pada ekonomi lokal, seperti: Tomira dan Bela-Beli.

“Pemilihan Kabupaten Kulon Progo sebagai lokus PKN, melalui diskusi yang cukup intens dengan lembaga karena penentuan lokus juga harus di bahas bersama dengan lembaga. Dan tema kami untuk Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan II Tahun 2024 adalah Transformasi Tata Kelola Pemerintahan Untuk Peningkatan Pemanfaatan Produk-Produk Dalam Negeri Melalui Pemberdayaan Ekonomi Lokal, maka ketika kami memutuskan Kabupaten Kulon Progo sebagai Lokus, Lembaga langsung setuju. Kisah sukses kebijakan Bela-beli, Tomira, serta kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada ekonomi lokal menjadikan pemilihan kabupaten Kulon Progo tidak banyak mendapat pembahasan dari Lembaga”, jelas Ramliyanto.

Penjabat (Pj) Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T.,M.T menyampaikan bahwa dasar dari setiap inovasi yang muncul di Kabupaten Kulon Progo adalah adanya semangat atau jargon Bela Beli Kulon Progo. Mem-Bela dan Mem-Beli Kulon Progo. Salah satunya adalah inovasi ToMiRa (Toko Milik Rakyat), yang memberikan peluang  untuk masyarakat memasarkan produk-produk UMKM Kulon Progo. Kerja sama ini tentunya bertujuan untuk membuat produk lokal berkesempatan memperluas jaringan pemasarannya.  

“ToMiRa kan sudah berjalan cukup lama ya, kebijakan terkait Toko Milik Rakyat ada akuisisi dari Pemerintah Daerah untuk Toko-toko Alfamart dan Indomart. Jadi di sini kita harus punya effort yang luar biasa untuk masuk ke toko modern”, ungkap Ni Made.

Selain itu, Pj Bupati Kulon Progo berharap agar Proyek Nasional seperti PKN ini juga dapat memberikan manfaat yang lebih besar, baik bagi Pemerintah Propinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, terutama untuk masyarakat.

“Harapan besar kami memang Kulon Progo, tidak hanya menjadi sasaran project Nasional tetapi masyarakatnya juga bisa berpartisipasi di dalam program-program yang ada. Ini tantangan yang tidak mudah, kami kemarin juga sudah membuat kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Kulon Progo maupun di perbatasan untuk penyerapan tenaga kerja”, kata Ni Made. /MC.Kab.Kulon Progo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang26
Unique Visitor Hari Ini296
Unique Visitor Bulan Ini52155
Hits Hari Ini1442
Hits Bulan Ini197502

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id