Pers Tour Lokal di Agro Wisata Watu Gajah dan Kerajinan Batik Faras

Dikirim oleh anisaa pada 30 April 2024 15:50:21 dibaca 148 kali

Angkat potensi lokal Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kulon Progo ajak  para pewarta yang tergabung dalam Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK) kunjungi Agro Wisata Watu Gajah dan Kerajinan Batik Faras di Lendah, Kulon Progo.

Acara bertajuk Presstour Lokal ini bertujuan perkenalkan Potensi Wisata Lokal dan UMKM yang ada di Kulon Progo. Kunjungan pertama adalah di Agrowisata Watu Gajah, yang merupakan potensi Desa Wisata Pertanian Buah Anggur dan Buah Kelengkeng. Ketua kelompok Tani, Samidi menyampaikan bahwa agro wisata ini direncanakan akan menjadi wisata Edukasi.

“Kedepan kami memang punya gagasan, untuk dijadikan Agro Edu Wisata. Banyak yang kami tawarkan ada ternak, pembibitan, dan sebagainya. Kalau ada orang-orang datang kami juga menawarkan paketan”, jelas Samidi.

Selain itu, Samidi menjelaskan bahwa lahan di Agro Wisata Watu Gajah dengan luas 1 hektare ini ditanami dengan dua varietas tanaman unggulan yaitu Kelengkeng dan Anggur.

“Jenis Pohonnya adalah Kelengkeng New Kristal dan Anggur. Anggur baru saja ini, baru sekitar dua bulanan dan itu bantuan dari Dinas Pertanian Kulon Progo”, tambah Samidi.

Kemudian presstour di lanjutkan ke lokasi kedua yaitu Industri Batik Farras. Batik Farras merupakan salah satu rumah produksi batik pertama yang mempelopori berkembangnya batik di Kabupaten Kulon Progo yang didirikan oleh Bapak Umbluk. Rumah produksi ini berdiri pada tahun 2006 yang bertempat di Dusun Sembungan, Gulurejo, Lendah, Kulon Progo hal ini disampaikan oleh Daery Farras Saputro Pengelola Batik Farras.

“Sedikit demi sedikit dipasarkan ke teman, ke relasi-relasi akhirnya bisa berkembang baik sampai saat ini”, kata Daery.

Saat ini, pemasaran batik faras terbilang cukup luas hingga mencakup ekspor, ia menjelaskan bahwa pihaknya pernah melakukan ekspor hingga ke Malaysia dan Jepang. "Kita pernah ke Malaysia pernah, ke Jepang, kalau dari lokalan itu seluruh Indonesia ya, yang banyak itu dari kalimantan, sulawesi, sumatera juga pernah."

Dari penuturan Daery, saat ini kendala terbesar adalah dari sumber daya manusia dimana minat sdm saat ini untuk membatik mengalami penurunan sehingga dirinya cukup kesulitan khususnya untuk mencari penerus.

"Kendala kita di sdm karna memang anak-anak muda itu sulit untuk mau membatik jadi memang kita kesulitan untuk mencari penerus atau pembatik". Sambung Daery.

Perstour ini merupakan kali pertama pelaksanaan perstour di tahun 2024 dimana perstour diagendakan akan dilaksanakan sebanyak empat kali dalam setahun. Melalui kegiatan pers tour ini, diharapkan mampu membantu mengangkat potensi-potensi para umkm lokal Kulon Progo yang dikunjungi.

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang33
Unique Visitor Hari Ini359
Unique Visitor Bulan Ini52218
Hits Hari Ini1614
Hits Bulan Ini197674

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id