Penggunaan Media Tradisional Untuk Penyebaran Informasi

Dikirim oleh anisaa pada 10 November 2023 14:53:52 dibaca 889 kali

PPID Utama Kabupaten Kulon Progo menjadi tuan rumah pertemuan forum rutin PPID se-DIY dengan tema "Penggunaan Media Tradisional Untuk Penyebaran Informasi". Senada dengan tema tersebut forum digelar di Murakabi Craft, Kapanewon Nanggulan, Rabu (9/11/2023).

Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo, Agung Kurniawan SIP.MSi dalam sambutannya menyampaikan sebagai tuan rumah, selain tetap mengedepankan tema pokok informasi publik, PPID Kabupaten Kulon Progo juga sekaligus ingin forum ini sebagai salah satu media promosi untuk mengangkat produk-produk UMKM Kulon Progo.

"Ini salah satu etalase UMKM kita, ini juga kita ingin memperkenalkan, mempromisikan, sekaligus kita menghargai karya-karya putra-putra daerah kita. Dan saya berharap forum PPID se-DIY ini dapat bermanfaat dalam menjalankan ketugasan kita sehari-hari," kata Agung.

Ketua Komisi Informasi Daerah Yogyakarta (KID DIY) Moh Hasyiem SH.MHum berharap melalui forum ini sebagai media evaluasi dan upaya untuk terus meningkatkan kinerja seluruh PPID se-DIY untuk terus berupaya untuk memperbaiki tata kelola dan penyajian informasi publik sehingga diharapkan mampu menjadi Badan Publik yang berpredikat Informatif.

"Kami senang bapak ibu serius, komitmennya luar biasa untuk betul-betul mengupayakan peningkatan kualitas layanan publik kepada masyarakat," kata Moh Hasyiem.

Disampaikan Moh Hasyiem, selama ini kinerja seluruh PPID se-DIY sudah bagus dan terjadi peningkatan, hanya saja beberapa kendala dinamika dilapangan hanya sebatas dokumen pendukung yang belum lengkap.

"Kesalahannya hanya ada dokumen yang tidak disediakan, dan ini memang fenomena yang umum, banyak yang tidak siap ketika ditanya. Saya kira pembelajarannya adalah bagaimana kolaborasi antara PPID dengan Bagian Hukum, ini nampaknya yang menjadi masukan dari kami, kedepan ini perlu dipersiapkan dengan lebih baik," tutur Moh Hasyiem.

Sementara itu Riris Puspita Wijaya Kridaningrat ST.MAcc Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo DIY menyampaikan forum rutin ini diharapkan mampu memperkuat tali koordinasi dan komunikasi antara semua stakeholder yang menangani keterbukaan informasi publik di DIY terlebih menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang dimungkinkan banyak informasi yang dibutuhkan masyarakat

"Peran kita dalam pengelolaan informasi publik juga akan lebih besar nanti apabila dalam pemilu ada beberapa hal yang butuh untuk keterbukaan informasi. Tentunya peran kita sebagai PPID di Kabupaten/Kota maupun di Pemerintah Provinsi agar lebih baik dan lebih siap dalam menghadapi pemilu di tahun depan," harap Riris.

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang15
Unique Visitor Hari Ini272
Unique Visitor Bulan Ini52131
Hits Hari Ini1358
Hits Bulan Ini197418

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id