Pengukuhan Ketua Osis Terpilih Hasil Pemilos di Tingkat SMA, SMK, MA, SMP dan MTS se-Kabupaten Kulon

Dikirim oleh mcharry pada 01 November 2023 13:36:03 dibaca 890 kali

Wates – Kegiatan Pemilos atau Pemilihan OSIS telah dilaksanakan di 72 sekolah secara serentak yakni di 47 SLTP sederajat dan 25 SMA sederajat pada tanggal 4 Oktober 2023 dan 5 Oktober 2023 untuk sekolah yang melakukan pemilos susulan. Rangkaian Kegiatan Pemilos di sekolah-sekolah sudah terlaksana dan berjalan dengan lancar, sehingga dapat diselenggarakan pengukuhan ketua osis terpilih hasil Pemilos yang didasarkan pada Surat edaran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Nomor: 000/1441 tentang Pemilos Serentak Tahun 2023 yang pada kesempatan kali ini di kukuhkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Kulon Progo, Drs.Jazil Ambar Was’an di Command Room Diskominfo secara daring (1/11/2023).

Pelaksanaan Pemilos ini memiliki tujuan sebagai media pembelajaran pendidikan berdemokrasi bagi pemilih pemula khususnya SMP sederajat dan SMA sederajat. Pemilih Pemula menjadi salah satu kelompok penting yang menjadi perhatian dalam pendidikan pemilih. Sehingga dalam sambutannya Jazil berharap agar siswa-siswi diberikan ruang untuk belajar berdemokrasi agar memiliki pemikiran terbuka, dan mau menerima adanya perbedaan pilihan.

“Kepada Bapak/Ibu Guru mohon untuk adik-adik di OSIS ini termasuk pelajar yang lain, tolong diberikan ruang. Ruang bagi mereka untuk latihan berdemokrasi, untuk menyampaikan pendapatnya, sehingga nanti adik-adik tidak alergi terhadap pendapat-pendapat yang berbeda”, jelas Jazil.

Jazil juga menyampaikan apreasiasi dan ucapan terimakasih terhadap seluruh siswa-siswi yang sudah ikut serta berpartisipasi dalam Pemilos, sehingga angka partisipasi di Kulon Progo sudah cukup tinggi.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh siswa, ternyata dalam pemilos ini tingkat partisipasinya cukup lumayan tinggi . Tadi disampaikan ada beberapa sekolah yang 100%, kemudian yang terendah adalah 74%, ini yang terendah saja sudah rata-rata Kulon Progo yang cukup tinggi”, tambah Jazil.

Ria Harlinawati, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Kulon Progo menyampaikan bahwa sebentar lagi Indonesia akan memasuki Pemilu di tahun 2024, sehingga Pemilos ini harapannya dapat, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang politik khususnya berkaitan dengan proses pemilihan. 

“Pemilos ini merupakan hal yang positif, terlebih pemilos dilaksanakan menjelang pemilu atau pilkada yang sebenarnya akan dilaksanakan pada tahun 2024. Sehingga harapannya teman-teman pelajar yang beberapa merupakan pemilih pemula, sudah mulai belajar dan teredukasi apa sih yang dinamakan dengan demokrasi”, kata Ria. /MC.Kab.Kulon Progo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang19
Unique Visitor Hari Ini346
Unique Visitor Bulan Ini56807
Hits Hari Ini1370
Hits Bulan Ini198451

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id