Penandatanganan MoU Penanganan Aduan antara Kapolres dan Pj Bupati Kulon Progo

Dikirim oleh mcharry pada 12 September 2023 15:27:55 dibaca 51 kali

Wates, Polres Kulon Progo dan Pemkab Kulon Progo jalin kerja sama dalam rangka mewujudkan penanganan tindak pidana korupsi pada penyelenggaraan pemerintah daerah yang efektif dan efisien. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja sama antara Kapolres Kulon Progo dan Pj. Bupati Kulon Progo yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sanika Satyawada Polres Kulonprogo, Selasa (12/9/2023).

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setyowati, SIK.MH menyampaikan pada prinsipnya kerja sama penanganan tipikor antara Polres dan Pemkab Kulon Progo sudah terjalin sejak lama namun belum ada kesepakatan tertulis terkait optimalisasi kinerja penanganan laporan atau pengaduan masyarakat yang berindikasi tindak pidana korupsi pada penyelenggaraan pemerintah daerah.

"Ini sebenarnya juga sudah berlangsung lama untuk kurun waktu yang cukup lama, namun secara hitam putih belum ada kerja sama yang pernah dibuat. Sehingga ini merupakan inovasi dari Kasat Reskrim, untuk mewujudkan kerja sama ini," kata Nunuk.

Disampaikan Nunuk, dalam kerja sama penanganan tipikor ini akan mengedepankan audit internal dari pemkab terlebih dahulu melalui peran Inspektorat daerah untuk memastikan ada tidaknya unsur tipikor dalam setiap auditnya.

"Jadi disini PKS itu kurang lebihnya bagaimana ketika Polres Kulon Progo akan menanganani tindak pidana korupsi yang dikedepankan adalah perannya dari Irda, jadi nanti dari Inspektorat daerah akan melaksanakan audit investigasi terlebih dahulu," jelas Nunuk.

Nunuk menambahkan meskipun kasus tipikor di Kulon Progo termasuk rendah, namun kerja sama ini diharapkan tetap terjalin dengan baik dan dapat ditingkatkan kembali.
   
Sementara itu Pj. Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST.MT menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas kerja sama tersebut. Dirinya berharap kerja sama ini menjadi kemajuan besar terhadap upaya pencegahan dan penanganan tipikor di Pemkab Kulon Progo untuk menghindari risiko kerugian keuangan negara dan berdampak positif pada optimalisasi pelayanan pada masyarakat.

"Ini akan menjadi satu titik tolak bagaimana kedepannya kita bisa melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, masyarakat itu butuh kepastian dan penanganan yang cepat dan tepat," kata Ni Made. /MC.Kab.Kulon Progo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang41
Unique Visitor Hari Ini584
Unique Visitor Bulan Ini63416
Hits Hari Ini2591
Hits Bulan Ini210976

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id