Monitoring Kawasan Wisata, Pemkab Kulon Progo Harapkan Ada Kolaborasi

Dikirim oleh mcharry pada 06 September 2023 08:16:40 dibaca 286 kali

KULONPROGO - Pj. Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti dorong optimalisasi kawasan wisata di Kulon Progo. Hal tersebut disampaikannya disela-sela monitoring kawasan Wisata Nglinggo dan Gua Kiskendo, Selasa (5/9/2023).

Menurut Ni Made, Kulon Progo memiliki wisata yang cukup banyak. Namun demikian perlu digali lebih lanjut, termasuk juga bagaimana mengoptimalkan aset yang sudah ada. 

"Perlu pengoptimalan agar menjadi satu bagian destinasi yang saling mendukung. Tidak hanya pemandangan semata namun juga masyarakat bisa menikmati potensi kuliner, produk lokal yang ada di Nglinggo. Semoga Nglinggo makin maju terutama dari sisi bagaimana memelihara agar wisata ini tetap menjadi sesuatu yang menarik untuk dikunjungi," tutur Ni Made

Ni Made berharap, ada keberlanjutan program-program pengembangan wisata di Kulon Progo seperti halnya juga di Desa Wisata Nglinggo ataupun wisata lainnya di Kulon Progo. Sehingga dengan keberlanjutan dan pengomptimalan pengembangan wisata tersebut, diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan lagi.

"Berlanjut terus. Wisata itu awal, kemudian di medsos, apalagi di medsos itu bagus ya narasinya, pengambilan gambarnya. Orang berkunjung, tapi kesan pertama itu yang menentukan kesan selanjutnya. Jadi orang mau berulang datang kesana (ke obyek wisata)," harap Ni Made.

Lebih lanjt Ni Made mengatakan, untuk membangun wisata juga diperlukan dukungan dan kolaborasi dari semua pihak. Tidak hanya Pemkab Kulon Progo, namun juga Pemerintah Kalurahan dan masyarakat.

"Kalau sendiri itu agak berat juga untuk membangkitkan sesuatu. Kita tidak bisa melihat hasil itu dalam rangka waktu pendek. Tapi kita akan senang dan bangga saat anak cucu merasa bersyukur bahwa pendahulunya sudah meninggalkan warisan yang sangat berharga," kata Ni Made.

Ni Made juga menekankan, pengembangan wisata di Nglinggo maupun tempat lainnya untuk tetap memperhatikan lingkungan. Eksploitasi untuk wisata harus dilakukan secara hati-hati, tidak merusak lingkungan. Wisata harus dibentuk green tourism, atau bagaimana menyatukan alam dengan aktivitas wisata.

"Itu yang saya berharapnya disini. Karena di Nglinggo, dari posisinya kawasan yang memang tidak bisa semuanya di eksploitasi dengan bangunan. Tapi bisa menjadi bagian wisata, perlu ada batasan juga, perlu ada kreatifitas mengolah wisata menjadi lebih bagus dengan tetap menjaga lingkungan," tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan program-program pengembangan wisata kolaboratif dalam rangka pengoptimalan wisata yang sudah ada saat ini.

"Dinas Pariwisata Kulon Progo akan melakukan pengembangan di kawasan wisata diwilayahnya. Salah satu yang akan dikembangkan adalah gua kiskendo, di Jatimulyo, Girimulyo. Obyek wisata tersebut akan dijadikan taman wisata," kata Joko.

Dikatakan Joko, untuk mengembangkan Kiskendo yang dulu pernah menjadi primadona wisata, Dinpar Kabupaten Kulon Progo telah menyiapkan program Nusabrata untuk mengelola secara bersama-sama, yang nantinya akan mengkolaborasikan wisata alam dengan wisata budaya, kuliner, olahraga hingga glamping. "Saat ini kami terus gali potensi di Kiskendo," jelasnya. /MC. Kab. Kulon Progo/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang32
Unique Visitor Hari Ini360
Unique Visitor Bulan Ini52219
Hits Hari Ini1616
Hits Bulan Ini197676

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id