Gubernur Lantik Singgih Raharjo Pj Walikota Jogja dan Ni Made Dwipanti Pj Bupati Kulon Progo

Dikirim oleh mcharry pada 23 Mei 2023 09:44:41 dibaca 2442 kali

Yogyakarta, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik dan mengambil sumpah Singgih Raharjo, SH, MEd yang didaulat menjadi Penjabat (Pj) Walikota Jogja dan Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST, MT menjabat sebagai Pj. Bupati Kulon Progo. Seremonial pelantikan Pj. kepala daerah kabupaten/kota yang digelar di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta. Senin (22/5/2023).

Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST, MT sebelumnya merupakan Kepala Dinas Perhubungan DIY dan menggantikan Drs. Tri Saktiyana M.Si yang sebelumnya telah menjabat Pj. Bupati Kulon Progo selama satu tahun. 

Dalam sambutannya, Sri Sultan menyebut bahwa pengangkatan Pj. Walikota Yogyakarta dan Pj. Bupati Kulon Progo dilaksanakan untuk mengantisipasi kevakuman kepemimpinan di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo. Sehingga dengan demikian, proses pengambilan keputusan penting tidak tertunda, dan dapat terlaksana sesuai kewenangan yang ada pada Penjabat Walikota dan Penjabat Bupati.

"Menurut hemat saya keduanya akan dapat menunaikan dengan baik, karena berbagai pengalaman menjabat disektor-sektor strategis tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di Pemda DIY," kata Sultan.

Lanjut Sri Sultan, kedua penjabat terpilih cukup mengenal peta sosio-kultual kemasyarakatan DIY, khususnya Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo.

“Sehingga bisa diharapkan, manajemen pemerintahan sementara yang dijalankannya akan selalu berbasis pada kepentingan masyakarat. Hal ini seiring upaya mendukung pencapaian visi Gubernur mewujudkan Panca Mulia Masyarakat Jogja melalui reformasi kalurahan, pemberdayaan kawasan selatan serta pengembangan budaya inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi," harap Sultan. 

Lebih lanjut Sultan berharap visi tersebut dapat tercapai dengan outcome semakin kecilnya tingkat kemiskinan, kualitas SDM Yogyakarta yang dapat diandalkan, lingkungan hidupyang lebih baik aman dan tentram, kehidupan ekonomi yang layak dan mengecilnya ketimpangan antar kelas sosial dan antar wilayah serta good good governance pada berbagai tingkatan.

"Dengan kondisi seperti itu saya optimis bahwa seluruh perangkat Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta membantu Penjabat Bupati dan Wali Kota dalam melaksanakan agenda-agenda daerah yang sangat penting dalam waktu dekat ini, dan dimasa jelang pesta demokrasi 2024," jelas Sultan.

Sultan menambahkan, masing-masing Penjabat diharapkan mampu mengantispasi berbagai dinamika yang terjadi dimasa pesta demokrasi 2024 baik didunia nyata maupun di jagad maya. 

"Untuk itu keduanya harus aktif menjaga kohesi sosial kemasyarakatan dengan menyemai nilai-nilai budaya dan keistimewaan Yogyakarta untuk menyejukkan suasananya. tegakkan Netralitas ASN agar pemilihan serentak dapat terlaksana dengan adil jujur dan bermartabat," imbuh Sultan.

Sultan juga menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi atas pengabdian dua Penjabat terdahulu yaitu Sumadi, SH, MH dan Drs. Tri Saktiyana, MSi. Menurutnya kinerja keduanya selama satu tahun ini patut dibanggakan dan selama menjabat telah menjalin hubungan yang baik dan aktif berkomunikasi dengan Pemprov DIY. IKPS/tn/hr

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang17
Unique Visitor Hari Ini459
Unique Visitor Bulan Ini49486
Hits Hari Ini2945
Hits Bulan Ini193870

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id