Dua Ahliwaris Petani Penderes Nira di Kokap Terima Santunan JKM BPJS Ketenagakerjaan

Dikirim oleh mcharry pada 07 Maret 2023 15:52:50 dibaca 540 kali

Wates, Pemkab Kulon Progo melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), salurkan santunan kepada Dua ahliwaris petani penderes nira di Kokap, sebesar Rp 42 juta dari program Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja rentan melalui anggaran APBD Kabupaten Kulon Progo tahun anggaran 2023.

Santunan diserahkan secara simbolis oleh Pj. Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana M.Si dan Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nurhayati SE didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta, Sekda Kulon Progo dan Kepala Disnakertrans, bertempat di Omah Mbeji, Wates (6/3/2022). Keduanya merupakan petani penderes yang mengalami kecelakaan saat melakukan penderesan hingga meninggal dunia, yaitu Wahyu Edi Nianto (42) warga Kalirejo, Kokap dan Samijo (55) warga Hargowilis, Kokap.

Kepala Disnakertrans Drs. Nur Wahyudi MM dalam laporanya menjelaskan, penyerahan santuan ini, merupakan hasil dari penerapan Inpres No 2 Tahun 2021 tetang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial atas manfaat BPJS Ketenagakerjaan pada masyarakat pekerja rentan di Kabupaten Kulon Progo melalui anggaran APBD salah satunya pada petani penderes, mengingat rentannya resiko pekerjaan yang dihadapi.

"Dengan adanya pembiayaan iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk petani penderes ini sangat bermanfaat. Sebagai laporan sudah ada lima penderes dari awal Januari sampai dengan saat ini yang telah mendapat manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan," kata Nur Wahyudi.

Dilaporkan Nur Wahyudi, pada tahun anggaran 2023 ini telah dapat dilaksanakan dan dilakukan pembayaran iuran untuk 1.786 penderes yang berasal dari lima Kalurahan di Kapanewon Kokap dan satu Kalurahan yaitu kalurahan Kebonharjo Kapanewon Samigaluh, dengan besaran iuran adalah Rp 16.800 perbulan

Pada hari ini juga akan dilaksanakan Penyerahan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis. Sedang pada Desember 2022 iuran tersebut masih dibiayai oleh BAZNAS karena belum dianggarkan pada APBD 2022.

"Untuk rencana selanjutnya akan dilaksanakan validasi dan koordinasi kembali untuk data penderes yang ada di Kapanewon lain, harapannya agar seluruh penderes dapat terakomodir perlindungannya dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan dapat diusulkan pada saat APBD Perubahan tahun Anggaran 2023, kami juga berharap agar hal ini dapat menjadi perhatian serta prioritas dari Lembaga Eksekutif dan Legislatif di Kabupaten Kulon Progo," terangnya.

Sementara itu Pj. Bupati Kulon Progo Drs Tri Saktiyana M.Si menyampaikan sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam hal ini Pemkab Kulon Progo dalam rangka melindungi dan memberikan jaminan kesehatan bagi warganya yang membutuhkan. Meskipun menurutnya upaya ini belum secara maksimal mengakomodir seluruh pekerja rentan yang ada, namun hal ini merupakan wujud perhatian Pemkab Kulon Progo untuk melindungi warganya.

"Tugas kita itu melindungi, tanpa melihat siapapun, semua harus terlindungi terutama warga kita yang dalam tanda kutip masih belum sejahtera dan tidak ada yang melindungi, itu tugas negara. Ketika ada warga negara yang belum sejahtera dan tidak,” pungkasnya. IKPS/humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang20
Unique Visitor Hari Ini147
Unique Visitor Bulan Ini41876
Hits Hari Ini342
Hits Bulan Ini149636

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id