Siswa SD Hingga SMA di Kulon Progo, Ikut Lomba Baris Berbaris

Dikirim oleh mcharry pada 26 Desember 2022 14:13:39 dibaca 676 kali

Wates, - Sempat terhenti pada 2020 dan 2021, akibat pandemi Covid-19. Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kulon Progo  bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kulon Progo menyelenggrakan Lomba Baris Berbaris (LBB) gema Binangun XXII tingkat SD, SMP dan SMA sederajat kab Kulon Progo, pada Sabtu (24/12/2022). Menggambil rute start di depan kantor Pemkab Kulon Progo dan finis di Alun - alun Wates.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan sikap disiplin, kerja keras, patriotisme dan tanggungjawab. Selain itu, perlombaan baris-berbaris merupakan sarana yang paling efektif untuk meningkatkan semangat kekompakan dan kerjasama peserta dalam sebuah tim.

Lomba baris-berbaris tersebut diikuti 24 tim terdiri dari 9 tim tingkat SD, 4 tim tingkat SMP dan 11 tim tingkat SMA.

Hadir pada saat penutupan Pj Bupati Kulon Progo, Drs.Tri Saktiyana M.Si menyamaikan berharap kegiatan ini mampu mempersatukan para pelajar di Kabupaten Kulon Progo, bukan malah memperuncing permusuhan. Selain itu, kegiatan ini mampu menjadi kegiatan yang positif di setiap  sekolah, sehingga mampu membentuk karakter para siswa menjadi generasi muda yang lebih baik lagi.

Tri Saktiyana berpesan agar generasi muda yang kelak pada saatnya nanti akan menerima tongkat estafet kepemimpinan guna melanjutkan pembangunan, memajukan bangsa dan negara Indonesia.

“Kobarkan rasa patriotisme dan semangat kepedulian sosial, Isi masa muda ini dengan kegiatan yang positif yang kelak berguna bagi masa depan,” ujarnya

Usai lomba dilanjutkan dengan penyerahan Tropi Juara Lomba Baris Berbaris Gema Binangun Ke-XVII, kepada para pemenang lomba. Untuk juara umum tingkat SD diraih oleh SD Negeri 2 Wates, juara umum tingkat SMP diraih oleh SMP Negeri 1 Galur dan juara umum tingkat SMU diraih oleh SMK Negeri 2 Pengasih.

Sementara itu, Ketua Pelaksana LBB Kostra Nanda Prawirayuda mengatakan, tema pad LBB ke-22 ini adalah Gerak Muda, Berkarya, Inisiatif dan Membangun (Gema Binangun) tujuannya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kebangsaan dikalangan pelajar.

“LBB dikuti sejumlah 685 peserta SD sampai SMA/sederajat terbagi menjadi 24 pleton untuk memperebutkan kejuaraan dengan 33 trofi tetap dan 3 trofi bergilir dari Bupati Kulon Progo,” ujarnya.

Kegiatan ditutup Pj Bupati Kulon Progo dihadiri Dandim 0731/Kulon Progo dalam kesempatan ini dihadiri oleh Lettu Inf Nadiya, Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini, S.H., S.I.K., Kepala Balai Dikmen, Kadispora, Danpos AL Karangwuni, Kakesbangpol dan Asda 2 Kulon Progo. MC Kab Kulon Progo/hr

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang17
Unique Visitor Hari Ini450
Unique Visitor Bulan Ini59475
Hits Hari Ini1865
Hits Bulan Ini223350

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id