Sejumlah Siswa SMK di Kulon Progo, Jadi Duta Marketing Produk UKM

Dikirim oleh mcharry pada 08 November 2022 11:25:00 dibaca 445 kali

Kulon Progo, - Taring-Ku (Duta Marketing Kulon Progo) resmi diluncurkan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kulon Progo di Aula Adikarta, kompleks Pemkab Kulon Progo pada Selasa (25/10/2022).

Taring-Ku merupakan kerja sama antara Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kulon Progo dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Dikpora DIY, dalam bidang pemasaran produk UKM Kulon Progo.

Total ada 26 siswa atau siswi yang aman menjadi Duta Marketing Kulon Progo. Mereka nantinya yang akan mendukung pemasaran produk UKM di Kulon Progo, dengan Taring-Ku dapat menciptakan peluang dan kolaborasi dengan siswa SMK, karena selama ini potensi ini belum tergarap secara optimal, slain itu sejalan dengan kurikulum SMK khususnya jurusan pemasaran ada pelajaran marketing. 

Pj Bupati Kulon Progo Drs.Tri Saktiyana, M.Si mengatakan bahwa perlunya strategi pemasaran produk UMKM melalui pembelajaran Duta Marketing di SMK. Tantangan baru yang dihadapi Koperasi dan UMKM di masa pandemi adalah menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial ekonomi yang sangat dinamis. Langkah yang dapat dilakukan salah satunya mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk.

"Pascapandemi saat ini memaksa koperasi dan UMKM untuk segera swithcing dari konvensional menjadi digital. Indonesia, khususnya Kabupaten Kulonrogo berada pada generasi milenial," ujarnya

Kerjasama sebagai upaya mendukung serta mengembangkan promosi dan pemasaran produk UMKM secara online. "Gerakan Duta Marketing upaya menjembatani pelaku UMKM yang belum sepenuhnya memanfaatkan peluang potensi pemasaran produknya secara online yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat, Duta Marekting digambarkan dalam logo dan warna yang melambangkan upaya berkesinambungan, stabilitas/ keandalan serta antusiasme," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Kab Kulon Progo Iffah Mufidati, S.H, MM mengatakan  program Taring-Ku Duta Marketing Kulon Progo sudah diinisasi oleh pendahulu dari Dinas Koperasi awalnya, dikarenakan pandemi Covid-19 yang menyebabkan hampir tidak adanya kegiatan dari UMKM, sehingga untuk mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan teknologi masa kini dan menjalankan UMKM secara online.

"Kebutuhan digital marketing tidak sekedar menjadi cara yang dipilih namun menjadi sebuah kebutuhan. Pada tahun 2022 melakukan inovasi, inovasinya adalah dengan membranding disingkat menjadi branding taring-Ku" ujar Iffah Mufidati.

Dengan Duta Marketing sebagai upaya menghubungkan pelaku UMKM memanfaatkan peluang potensi pemasaran produknya secara online, yang pada akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat. Duta Marekting digambarkan dalam logo dan warna yang melambangkan upaya berkesinambungan, stabilitas/ keandalan serta antusiasme

Melalui generasi muda dengan potensi yang dimiliki dapat memasarkan produk UMKM secara lebih luas, sehingga memberikan kesempatan siswa menjadikan produk UMKM sebagai laboratorium untuk praktek sekaligus dapat menumbuh kembangkan rasa bangga dan cinta produk UMKM,.

Peluncuran ini dihadiri Pj. Bupati, Ketua DPRD, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala UPD Kab. Kulon Progo, Ketua Deskranasda, Pimpinan BPD DIY cabang Kulon Progo, Kepala Sekolah dan siswa dari SMK N 1 Pengasih, SMK N 1 Samigaluh, SMK Muh. 1 Wates, SMK Tamansiswa Nanggulan. IKPS/Humas

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang75
Unique Visitor Hari Ini297
Unique Visitor Bulan Ini60654
Hits Hari Ini1967
Hits Bulan Ini213539

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id