Sejumlah SMP Se-Kulon Progo Ikuti Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian

Dikirim oleh mcharry pada 22 Juni 2022 11:30:05 dibaca 13 kali

Wates - Menyambut Hari Koperasi ke-75 yang diperingati setiap 12 Juli setiap tahunnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinas Koperasi dan UKM) Kulon Progo menyelenggarakan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian tingkat SMP/Sederajat se-Kabupaten Kulon Progo, bertempat di Aula Adikarta, kompleks Pemkab Kulon Progo, Selasa (21/6/2022).

Lomba diikuti sebanyak 23 regu dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 siswa, dibuka secara langsung oleh Pj.Bupati Kulon Progo Drs.Trisaktiyana, M.Si.

Pj Bupati Kulon Progo Drs.Tri Saktiyana,M.Si menyanpaikan lomba tangkas terampil perkoperasian dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan berkoperasi atau praktik perkoperasian dari yang sederhana, agar berguna di masyarakat.

“Program ini menjadi awal bagi siswa/i SMP/Sederajat untuk paham dan kemudian mempraktekkan pada koperasi yang sesungguhnya, selain itu, juga untuk melatih karakter, sehingga koperasi siswa dapat dijadikan wadah membina jiwa social based entrepreneurship atau kewirausahaan yang berbasis sosial,” kata Tri Saktiyana.

Tri Saktiyana berharap pelaksanaan Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian ini mampu memberikan motivasi, manfaat, pengetahuan, pemahaman dan menumbuhkan semangat, minat berkoperasi di kalangan siswa yang lebih mendalam lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo Iffah Mufidati, SH, MM menjelaskan bahwa acara ini adalah salah satu rangkaian peringatan Hari Koperasi ke-75.

“Maksud dan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan menumbuhkan semangat perkoperasian di kalangan siswa khususnya siswa SMP/Sederajat, guna meningkatkan jiwa kewirausahaan, memberikan makna tentang arti pentingnya koperasi sebagai dasar ekonomi rakyat berlandaskan asas-asas kekeluargaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Iffah Mufidati mengungkapkan  lomba ini akan menguji pengetahuan seputar perkoperasian serta soal-soal yang bersifat lokal sehingga dapat memperluas wawasan para peserta.

Lomba ini dilaksanakan melalui dua tahap yaitu tahap penyisihan dan tahap final. tahap penyisihan diikuti oleh 23 regu yang mewakili sekolah masing-masing dan dari tahap penyisihan ini didapatkan tiga group terbaik dengan nilai tertinggi yang berhak melaju ke tahap final.

Perolehan juara pada tahap final yang diikuti oleh tiga regu, diantaranya: Juara I : SMP Negeri 1 Galur (Nilai Total 2550), Juara II: SMP Negeri 1 Wates (Nilai Total 1900), Juara III: SMP Negeri 4 Wates (Nilai Total 1850). Nantinya hadiah pemenang lomba akan diserahkan pada puncak acara Hari Koperasi yang ke-75 pada 27 Juli 2022. MC Kab.Kulon Progo/IKPS.



Statistik

Online Sekarang28
Unique Visitor Hari Ini341
Unique Visitor Bulan Ini27669
Hits Hari Ini988
Hits Bulan Ini73129

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

KULON PROGO CUACA

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu

Profil PPID Kulon Progo

Youtube



TWITTER @dinaskominfokp

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id