Dorong Potensi Lokal Kulon Progo, Melalui PT.Naturindo Fresh Dan KP-SPAMS Tirta Wening  

Dikirim oleh mcharry pada 17 Juni 2022 11:22:58 dibaca 40 kali

Kulon Progo - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kulon Progo menggelar press tour lokal bersama para pewarta yang tergabung dalam Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK). Kunjungan kali ini menuju dua lokasi potensi masyarakat, yang pertama di pabrik pengolahan jamu herbal PT.Naturindo Fresh dusun Secang, Sendangsari, Pengasih dan Kelompok Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) Tirta Wening dusun Kemiri, Wijimulyo, Nanggulan. pada Kamis (16/06/2022). 

Kepala Dinas Kominfo Agung Kurniawan S.IP M.Si menyampaikan kegiatan press tour lokal yang diikuti oleh sekitar 25 pewarta dari berbagai media kali ini bertujuan menggerakkan potensi – potensi masyarakat di Kulon Progo untuk dipublikasikan, dipromosikan atau bisa jadi mitra media masa dengan industri maupun pemerintah daerah.  

Agung Kurniawan mengapresiasi upaya PT Naturindo Fresh yang mengolah lahan kritis, didaerah perbukitan ini menjadi tempat budidaya tanaman obat herbal. Selain itu PT Naturindo Fresh pernah mendapat penghargaan Kalpataru di tingkat kabupaten bahkan tingkat provinsi, dalam pengelolaan budidaya tanaman herbal PT Naturindo Fresh memberdayakan masyarakat sekitar. 

Dalam kunjungannya bersama sejumlah wartawan dari berbagai media, diajak berkeliling melihat tanaman herbal yang dibudidayakan di lingkungan setempat.

Direktur Utama PT Naturindo Fresh Kulon Progo, Teguh Adhi Nugroho menjelaskan awal mula kenapa ada di Kulon Progo, dalam pengelolaan budidaya tanaman herbal ini, karena ingin mendekatkan sumber bahan baku jamu seperti empon - empon dari Kulon Progo yang merupakan pemasok bahan baku jamu dan sekaligus membangun pabriknya di Pengasih ini. 

PT Naturindo Fresh membudidayakan 182 jenis tanaman herbal dengan memberdayakan masyarakat sekitar dengan memberikan pelatihan untuk menggembangkan SDM dari berbagai latar pendidikan. PT Naturindo Fresh mengolah tanaman obat dari daun maupun buah yang dikeringkan hingga kadar air kurang dari 15 persen.

Selanjutnya, dilokasi kedua di KP-SPAMS Tirta Wening dusun Kemiri, Wijimulyo, Nanggulan, untuk melihat program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) yang mampu memenuhi kebutuhan air bersih secara mandiri. 

Sekretaris KP-SPAMS Tirta Wening, Priyanto mengatakan program Pamsimas yang dikelola kelompoknya diresmikan pada 28 Januari 2018, tercatat 131 Kepala Keluarga (KK) di Pedukuhan Kemiri dan Rejoso menjadi pelanggan, di tahun pertama.

Lebih lanjut, ia menjelaskan dalam perkembangannya di tahun ke empat bertambah menjadi 322 pelanggan dan suplai air bersih yang bisa langsung diminum hingga menjangkau wilayah pedukuhan Setan, Wijilan dan Dukuh.  

“Pengelola KP-SPAMS “Tirta Wening menargetkan hingga 2030 mendatang, 35 persen dari 1.651 kepala keluarga (KK) di kalurahan setempat harus sudah terlayani air bersih melalui Pamsimas, kami optimis kedepan pelanggan akan terus bertambah” ujarnya. 

Selain jumlah minat masyarakat yang tinggi, guna menjamin kualitas air, pengelola Pengelola KP-SPAMS Tirta Wening secara rutin melakukan pemantauan dengan pengamatan internal oleh petugas melihat kualitas air jernih atau keruh dan pemantauan eksternal dengan bekerjasama Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kulon Progo melakukan uji lab air secara berkala, dengan tujuan sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat.  

Dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Kominfo Agung Kurniawan berharap dalam pengelolaan Pamsimas oleh KP-SPAMS Tirta Wening dapat dikelola secara profesional sehingga dapat memberikan tambahan pendapatan bagi kelompok pengelola, pedukuhan dan pemerintah setempat.

“Inisiatif masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih yang dikelola KP-SPAMS Tirta Wening sangat bagus, dengan pemberdayaan masyarakat dengan potensi ekonomis dari pamsimas sangat besar,” ujarnya. MC Kab.Kulon Progo/IKPS



Statistik

Online Sekarang24
Unique Visitor Hari Ini364
Unique Visitor Bulan Ini27692
Hits Hari Ini1125
Hits Bulan Ini73266

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

KULON PROGO CUACA

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu

Profil PPID Kulon Progo

Youtube



TWITTER @dinaskominfokp

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id