Wisuda Religius Keagamaan Diikuti Ribuan Peserta Didik SMP/MTs se-Kulon Progo

Dikirim oleh mcharry pada 13 Juni 2022 11:56:17 dibaca 19 kali

Kulon Progo - Penerapan Peraturan daerah (Perda) Nomor 18 tahun 2015 dan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 65 tahun 2017  tentang Pendidikan Karakter, telah berjalan dengan baik, sejak diberlakukan secara efektif  pada 2 Januari 2018 di lingkungan satuan Pendidikan di Kabupaten Kulon Progo.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), sukses menyelenggarakan wisuda purna widya religius keagamaan pada Khataman Alquran dan Ketuntasan. Berlangsung di Aula Sadewa, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Sabtu (11/6/2022). 

Sebanyak 2.931 peserta didik SMP/MTs se-Kabupaten Kulon Progo mengikuti kegiatan wisuda purna widya religius keagamaan pada Khataman Alquran dan Ketuntasan. Terdiri dari peserta khataman Alquran sejumlah 2.725 siswa beragama Islam, sedangkan yang mengikuti Ketuntasan bagi siswa non muslim, dari agama Katholik 156 siswa, agama Kristen 46 siswa dan agama Budha 4 siswa. Kegiatan tersebut merupakan ekstrakurikuler keagamaan penguatan pendidikan karakter.

Khataman Alquran dan Ketuntasan menjadi bagian dari implementasi penguatan pendidikan karakter yang diharapkan dapat mencetak generasi emas penerus bangsa yang berakhlakul kharimah, beretika, berkarakter dan berbudaya dari berbagai lintas agama.

Kepala Disdikpora Arif Prastowo, S.Sos., M.Si dalam laporannya mengatakan dasar pelaksanaan mengacu pada Perda Nomor 18 tahun 2015 Pengelolaan pendidikan karakter dan Peraturan Bupati Kulon Progo nomor 65 tahun 2017 dan Perbub Nomor 70 Tahun 2021.

“Dengan tujuan mengevaluasi pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di lingkungan SMP/MTs melalui kegiatan ekstrakulikuler keagamaan. Selain itu guna meningkatkan rasa cinta, penghayatan dan pengamalan agama serta meningkatkan semangat beribadah sehingga tertanam jiwa keimanan, ketaqwaan terhadap tuhan,” jelasnya.

Arif Prastowo menambahkan total 2.931 anak mengikuti wisuda religius keagamaan pada Khataman Alquran dan Ketuntasan. dilaksanakan secara luring dan daring melalui zoom metting di sekolah masing –masing. terselenggaranya kegiatan ini Disdikpora bekerjasama dengan Pengawas SMP, MKKS SMP, MGMP Pendidikan Agama Islam, Katolik, Kristen dan Budha.

Sementara itu, Pj.Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana, M.Si, menyampaikan kegiatan khataman Alquran maupun Ketuntasan bagi siswa non Muslim, semua itu, tentu tidak lepas dari kerja keras bapak Ibu guru dan para pendidik serta Disdikpora Kulon Progo.

“Kami atas nama Pemkab Kulon Progo mengucapkan terimkasih kepada Disdikpora Kulon Progo beserta bapak Ibu guru dan para pendidik yang telah membina siswa /i sehingga tuntas pendidikan karakternya baik Islam, Kristen, Kahtolik dan Budha, tentu pendidikan karakter ini walau pun disebut tuntas formal namun pendidikan karakter tidak mengenal kata tuntas dalam arti substansial karena terus berjalan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pendidikan Karakter sangat relevan dan masih sangat dibutuhkan di era sekarang ini. Dengan adanya kegiatan ini di lingkungan SMP/MTs se-Kabupaten Kulon Progo ini, saya optimis generasi penerus kita nantinya akan menjadi generasi emas, generasi santun dan selalu memegang kaidah agama, berakhlak untuk kemajuan diri sendiri, agama, bangsa dan negara.  MC.Kab.Kulon Progo/IKPS/hry



Statistik

Online Sekarang27
Unique Visitor Hari Ini345
Unique Visitor Bulan Ini27673
Hits Hari Ini1033
Hits Bulan Ini73174

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

KULON PROGO CUACA

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu

Profil PPID Kulon Progo

Youtube



TWITTER @dinaskominfokp

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id