Penurunan Stunting Di Kulon Progo Dilakukan Secara Terintegrasi

Dikirim oleh mcharry pada 10 Juni 2022 09:31:13 dibaca 31 kali

Wates –  Upaya penurunan stunting dilaksanakan program Penanggulangan stunting terintegrasi melalui dua intervensi, yaitu intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung dan intervensi gizi sensitif untuk mengatasi penyebab tidak langsung. Hal tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat daerah Drs.Jazil Ambar Was'an yang sekaligus menjabat sebagai Ketua tim penanganan stunting kabupaten Kulon Progo, pada workshop rembug stunting tingkat kabupaten Kulon Progo tahun 2022. Berlangsung di Aula Adhikarta, kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (9/6/2022).

“Rembuk Stunting merupakan langkah penting yang harus dilakukan pemerintah kabupaten  untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi  percepatan  penurunan  stunting  dilakukan  secara  bersama-sama  antara  OPD  penanggung  jawab  layanan  dengan  sektor/lembaga  non-pemerintah  dan  masyarakat,” kata Jazil Ambar Was'an.

Jazil Ambar Was'an dalam laporannya menjelaskan gambaran stunting pada balita di Kabupaten Kulon Progo dari hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) tahun 2018 ada 14,31 persen dan tahun 2019 sejumlah 12,57 persen (3157 balita), sedangkan angka stunting pada tahun 2020 ada 11,80 persen (2535 balita).

Sementara itu, Pj.Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana, M.Si, mengatakan Kulon Progo masih menghadapi berbagai masalah yang mendesak seperti stunting, sehingga permasalahan tersebut dapat segera diselesaikan. Stunting memang menjadi masalah gizi yang dampaknya sangat besar dan intervensinya memerlukan peran semua pihak serta dukungan seluruh OPD.

“Seluruh OPD baik dari Dinas Kesehatan, Dinas Dukcapil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Pertanian, Kementerian Agama, Dinas Pendidikan, Dinas PU dan Dinas Sosial harus bersinergi dalam mengatasi stunting ini,” ujarnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pemaparan dari Dinas Kesehatan, Bappeda dan Dinas PMD Dalduk dan KB, serta penandatanganan komitmen bersama dalam percepatan penurunan stunting di Kulon Progo 2022 oleh DPRD Kulon Progo, OPD, intansi vertikal dari polres, perwakilan Kapanewon, Kalurahan  dan unsur masyarakat diwakili TP PKK Kabupaten serta disaksiakan Pj.Bupati Kulon Progo

Diakhir acara diserahkan pula piagam penghargaan kepada Kalurahan Ngargosari, Samigaluh, Kalurahan Kranggan, Galur, Kalurahan Panjatan, Panjatan dan Kapanewon Kalibawang atas komitmen dalam program percepatan penurunan stunting di Kulon Progo Tahun 2021. MC Kab.Kulon Progo/IKPS



Statistik

Online Sekarang34
Unique Visitor Hari Ini375
Unique Visitor Bulan Ini27703
Hits Hari Ini1179
Hits Bulan Ini73320

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

KULON PROGO CUACA

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu

Profil PPID Kulon Progo

Youtube



TWITTER @dinaskominfokp

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id