Pasca Tanah Longsor, Proses Belajar Mengajar SMPN 3 Kokap Tetap Berjalan

Dikirim oleh mcharry pada 08 Juni 2022 08:47:10 dibaca 19 kali

Kokap - Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Plampang II, Kalurahan Kalirejo, Kokap, Kulon Progo, DIY, pada Kamis (26/5) sekitar pukul 04.00 WIB. Tanah longsor mengakibatkan menutup akses jalan kabupaten serta material longsor berupa lumpur merendam halaman dan ruang kelas SMPN 3 Kokap. Selain itu, longsoran juga menyumbat saluran irigasi kompleks sekolah.

Meskipun terendam banjir lumpur akibat dampak bencana tanah longsor, Pemkab Kulon Progo pastikan proses belajar mengajar SMPN 3 Kokap tetap berjalan. Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana, saat meninjau lokasi bencana sekaligus menyalurkan bantuan di SMPN 3 Kokap, Senin (6/6/2022). 

Tri Saktiyana menyampaikan proses belajar mengajar tetap harus dilaksanakan meskipun kondisi sarana prasarana sekolah terdampak bencana, proses pembelajaran non tatap muka (daring) menjadi solusi jangka pendek yang harus diambil agar pelayanan pembelajaran kepada siswa tidak terhenti.

"Yang pertama, sekolah ini harus tetap bisa memberikan proses belajar mengajar siswa siswinya, karena tidak hanya melayani penduduk Kulon Progo namun juga penduduk Jawa Tengah (Purworejo), barang kali mungkin harus dipetakan status sosial ekonomi siswa-siswinya, barang kali ada siswa yang belum punya hp mungkin bisa dibantu," kata Tri.

Lebih lanjut Tri menyampaikan meskipun penanganan jangka pendek telah dilakukan oleh Pemkab namun belum dapat menyelesaikan permasalah secara tuntas. Oleh karena itu pemkab akan terus melakukan perumusan kebijakan dengan berbagai pihak untuk penanganan jangka menengah dan jangka panjangnya.

"Ini perlu kita lebih tingkatkan (penanganan), daerah rawan seperti di Kalirejo ini, karena luas cakupan wilayah rawan longsor di Kulon Progo sangat luas, selain dengan memberdayakan masyarakat setempat juga akan dikoordinasi dengan OPD ditingkat Kabupaten Kulon Progo juga ditingkat DIY,"

Tri Saktiyana juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras seluruh pihak, instansi, perangkat kalurahan serta gotong royong masyarakat yang telah membantu penanganan bencana di Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap.

"Seberat apapun pikiran saya dan pikiran teman-teman kepala dinas, pasti lebih berat pikiran pak lurah, pak kadus, bapak, ibu guru yang terjun langsung menangani bencana ini, untuk itu saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya," kata Tri.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Kokap Uswatun Hasanah mengatakan sekolah telah melakukan penanganan jangka pendek pasca bencana agar keberlangsungan proses belajar mengajar tetap berlanjut, namun dirinya berharap kedepan ada solusi penanganan jangka panjang agar menjamin terciptanya suasana belajar yang aman dan nyaman mengingat kejadian ini sudah terjadi berulang kali.

"Yang jelas kami berharap keberlangsungan proses belajar mengajar tetap berlanjut, namun lebih lanjut kami berharap pengkondisian untuk terciptanya suasana belajar yang aman," kata Uswatun. MC Kab.Kulon Progo/IKPS



Statistik

Online Sekarang28
Unique Visitor Hari Ini369
Unique Visitor Bulan Ini27697
Hits Hari Ini1166
Hits Bulan Ini73307

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

KULON PROGO CUACA

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu

Profil PPID Kulon Progo

Youtube



TWITTER @dinaskominfokp

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id