Wabup Terima Audiensi BPS Bahas Kemiskinan di Kulon Progo

Dikirim oleh anisaa pada 03 Januari 2022 13:37:08 dibaca 327 kali

Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana menerima audiensi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kulon Progo di Ruang Rapat Wabup,Selasa (28/12/2021).

Turut hadir dalam audiensi tersebut Staff Ahli Bupati Bambang Sutrisno,S.Sos., M.Si., Kepala Bappeda,Dinas Kominfo,Dinsos PPPA serta Kabag Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan.

Kepala BPS Kulon Progo Drs. Sumarwiyanto menyampaikan tujuan audiensi yaitu memaparkan tentang angka kemiskinan di Kulon Progo saat ini.

Angka kemiskinan Kabupaten Kulon Progo tahun 2021 sebesar 18,38% mengalami kenaikan 0,37 % poin, sementara garis kemiskinannya tahun 2021 Rp.360.202, -.

"Prosentase kenaikan angka kemiskinan di Kulon Progo ini paling kecil dibandingkan dengan Kabupaten/Kota se DIY," terang Sumarwiyanto.

Hal ini membuktikan Program penanggulangan kemiskinan di Kulon Progo sudah berhasil untuk mengerem kenaikan angka kemiskinan di era pandemi.

Sementara Kepala Bappeda Kulon Progo Triyono, SIP.,M.Si menyampaikan bahwa program penanggulangan kemiskinan di Kulon Progo mencapai lebih dari 50 milyar dan dana Bansos/hibah lebih dari 30 milyar.

Wabup Fajar Gegana menjelaskan bahwa 2 tahun terakhir ini Pemerintah Kabupaten Kulon Progo telah melakukan pemetaan kemiskinan. Hal ini dimaksudkan agar program penanggulangan kemiskinan yang dijalankan tepat sasaran,sehingga dibutuhkan kerjasama kolaboratif dari semua pihak untuk mensukseskannya.

Banyak program yang bisa dilakukan untuk menurunkan kemiskinan. Seperti pembangunan infrastruktur untuk mempermudah akses wilayah,peningkatan SDM dengan melakukan pelatihan-pelatihan serta pemberdayaan masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan taraf hidup.

" Sinergitas antara Pemkab Kulon Progo dengan BPS dalam penanggulangan kemiskinan ini dapat menghasilkan kebijakan-kebijakan yang tepat dan direalisasikan dalam penganggaran APBD,"imbuh Fajar.MC.Kab Kulon Progo/humas.

Statistik

Online Sekarang19
Unique Visitor Hari Ini461
Unique Visitor Bulan Ini14349
Hits Hari Ini1621
Hits Bulan Ini54498

GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

KULON PROGO CUACA

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu

Youtube



Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id