Pemkab Kulon Progo Beri Penghargaan Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan

Kulon Progo – Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo bersama Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB Kulon Progo Drs.Ariadi M.M menyerahkan Penghargaan Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan Program Bangga Kencana Lomba Desa Bumdesa dan Lembaga Kalurahan Berprestasi 2021 di ruang Aula Adikarta, Gedung Kaca, Jumat (24/12/21).

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Kepolisian Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini serta para Panewu dan Lurah se-Kabupaten Kulon Progo.

Dalam laporan kepala Dinas PMD Dalduk dan KB Kulon Progo, Drs.Ariadi M.M menyampaikan penyelenggaraan pemerintahan pada saat ini dituntut untuk selalu bekerja dengan semangat yang tinggi bekerja keras dan selalu berpegang pada regulasi-regulasi yang telah diatur dan dilaksanakan bersama.

Ariadi menambahkan Prinsip-prinsip efisiensi,efektivitas,akuntabilitas dan transparansi yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat menjadi landasan pokok dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“ Dinas PMD Dalduk dan KB Kulon Progo selalu mencoba melihat lebih dekat sejauh mana prinsip-prinsip dasar tersebut diterapkan dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan di kulon progo khususnya di tingkat kalurahan,” kata Ariadi

Dikatakan Suroso, S.E,M.M selaku pimpinan BPD DIY cabang Wates dalam sambutannya, BPBD DIY membuka diri untuk terus meningkatkan kerjasama yang telah terjalin untuk kepentingan pengembangan wilayah kalurahan masing masing seperti permodalan dan sebagainya.

“ Terus terang kekuatan utama di kulon progo adalah UMKM untuk menopang pertumbuhan atau percepatan perekonomian kulon progo,” ujar Suroso

Penghargaan akuntabilitas penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan Program Bangga Kencana Lomba desa Bumdes dan Lembaga Kalurahan Berprestasi 2021 diberikan oleh Bupati Kulon Progo didampingi Kapolres Kulon Progo, pimpinan Bank BPD DIY cabang Wates, serta kepala Dinas PMD Dalduk dan KB Kulon Progo.

Dalam ketagori penyelenggaraan pemerintahan kalurahan 2021 terbaik peringkat satu diraih kalurahan Ngargosari, kedua kalurahan Sidorejo, dan ketiga kalurahan Kebonharjo.

Program Bangga Kencana tingkat kalurahan 2021, terbaik satu kalurahan Nomporejo,terbaik kedua kalurahan Giripurwo,dan terbaik ketiga diraih kalurahan Wahyuharjo.

Untuk hasil evaluasi dan penilaian Bumdesa Kulon Progo kategori penyerta modal ke Bumdesa terbanyak peringkat satu kalurahan Srikayangan, kategori berstatus badan hukum Bumdesa binangun asri diraih Triharjo, kategori konstitusi pendapatan asri desa terbanyak peringkat satu Bumdesa karya binangun jaya diraih Ngentakrejo, Kategori inovasi usaha terbanyak peringkat satu Bumdesa binangun jati unggul diraih Jatirejo dan peringkat kepercayaan masyarakat terbaik peringkat satu Bumdesa binangun mitra agung diraih Kaliagung.

Juara lomba desa kalurahan tingkat Kabupaten Kulon Progo, juara satu diraih kalurahan Bulurejo dengan uang pembinaan 13 juta, kedua kalurahan Salamrejo dengan uang pembinaan 5 juta , ketiga diraih kalurahan Kebonharjo dengan uang pembinaan 3 juta.

Juara lomba posyandu tingkat Kabupaten Kulon Progo, juara satu diraih posyandu kenanga kalurahan Sendangsari, kedua posyandu Melati kalurahan Banjaroyo, juara tiga posyandu kantil kalurahan Nomporejo. Dan untuk Juara LPM kalurahan juara 1 diraih kalurahan Gotakan, kedua LPM kalurahan Bulurejo, ketiga LPM kalurahan karangwuni. Masing-masing juara mendapatkan piagam penghargaan beserta uang pembinaan juara satu Rp3 juta, juara kedua Rp1.5 juta dan juara ketiga 1 juta.

Selain itu terdapat Penghargaan Bupati Kulon Progo atas tindakan membantu lurah terpilih Sidoharjo yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan membantu mensukseskan pelantikan lurah 2021 yang diberikan kepada 3 bintara unit lalu lintas kepolisian sektor Nanggulan resor Kulon Progo.

Dalam sambutan dan arahannya Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo menyampaikan bahwa baiknya kinerja telah diakui secara resmi oleh pemerintah melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo dan sudah on the track, sudah benar tinggal melanjutkan.

“ Semua kegiatan yang dilaksanakan melalui lomba ini merupakan bagian dari upaya bagaimana kita memacu, mendorong, memotivasi, agar dinamika pembangunan seluruh bidang ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya, tentu prestasi yang telah dicapai bukan datang tiba-tiba tetapi melalui perjuangan bapak ibu yang tentu akhirnya membuahkan hasil,” tegas Sutedjo. MC. Kab Kulon Progo/Humas/Rani/Agesti