4 Kalurahan Resmikan program HID MAMA Program PAMSIMAS III TA. 2021

Nanggulan - Bupati Kulon Progo Dra.H.Sutedjo meresmikan program Nasional HID MAMA (Hibah Intensif Desa Menuju Air Minum Aman) Program PAMSIMAS III TA 2021 untuk kalurahan Wijimulyo, Banyuroto, Ngargosari dan Purwoharjo .Acara diselenggarakan di Pedukuhan Kemiri, Wijimulyo, Nanggulan. Kamis (23/12/21).

Acara di buka dengan ucapan selamat datang dari Reda Refitra Safitrianto selaku Lurah Wijimulyo,

"Terimakasih Bapak Bupati yg sudah menyempatkan hadir di acara ini sugeng rawuh selamat datang ke kampung halaman yang sudah 10 tahun ditinggalkan dan selamat datang seluruh tamu undangan semoga acara pada siang ini dapat memberi manfaat untuk kita semua" sambut Reda

Priyanto selaku ketua KKM Tirto Manunggal dalam sambutanya membacakan laporan hasil pelaksanaan kegiatan HID MAMA PANGSIMAS IIII Th 2021 .Kalurahan Banyuroto menerima bantuan sumber dana APBN BLT APBD sebesar 300 juta dan swardaya intim 1.680.000,Kalurahan Wijimulyo KKM Tirto Manunggal sumber dana APBN BLT APBD sebesar 300 juta dan swardaya intim 1.005.000.Kalurahan Ngargosari KKM Sari Tirta sumber dana APBN BLT APBD 300 juta swardaya intim 16.190.000,dan Kalurahan Purwoharjo KKM Tirto Aji sumber dana APBN 300 juta dengan swardaya intim 2.925.000.Dana tersebut digunakan untuk penyelesaian pembangunan unit pengolahan air minum.

Perwakilan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah DIY Iwan memiliki komitmen untuk melayani masyarakat dalam mencapai air minum yang aman .100% pelayanan yang dilaksanakan merupakan program optimalisasi PAMSIMAS yang sudah di berikan sebelumnya.Kulon Progo terpilih 4 lokasi karena belum banyak terlayani.

Selanjutnya, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo menyampaikan rasa senang dan apresiasinya diundang diacara ini.

"Terus terang saya ini sangat senang diundang di sini, saya dari tahun 76-88 menjabat menjadi lurah disini, demi menghadiri acara ini saya meninggalkan acara-acara lainya dan menyuruh staf lain untuk menggantikan, istilah Jawa nya saya men-men ke tenan saestu untuk datang diacara ini,oleh karena itu terimakasih atas undangannya" ujar Sutedjo,

Beliau berpesan agar kita sebagai makhluk hidup harus berguru pada filosofi air, air ini selalu mengalir ke tempat yg rendah dan selalu mencari celah. Filosofi air ini menjadi guru kita karna air memiliki naluri yang terus bergerak dan memiliki dinamika. Manusia pembangunan harusnya seperti itu bergerak terus.

Kulon Progo sudah ada titik kemajuan ini bagian dari dinamika yang memang sudah saat nya bergerak maju. Sesungguhnya apa yg kita lakukan ini adalah kewajiban kita semua dalam rangka melaksanakan kehidupan dengan produktif untuk menopang pembangunan bangsa.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti KKM Tirta Manunggal, KKM Tirtorejo,KKM Tirto Aji dan KKM Sari Tirto dan pemotongan pita.

Acara ditutup oleh Ir. Dewa Bagus Sutrisna selaku ketua ROMS Pamsimas DIY. Beliau menyatakan alasan Kalurahan Wijimulyo sebagai salah satu KP SPAMS yang diajukan dipusat .

” Terus terang dilihat dari kinerja KP SPAMS di Kulon Progo Kulon Progo adalah kabupaten dari sisi kinerjanya berkelanjutanya terbaik ,terlihat dari hibah-hibah yang diterima dan terbanyak” ujar Dewa
MC.Kab.Kulon Progo/Humas/Agesty/Rani