Bupati Kulon Progo Resmikan Taman Tresno Jasa Marga

Taman Tresno Jasa Marga yang berlokasi di Dukuh, Kalurahan Wijimulyo, Kepanewon Nanggulan diresmikan Bupati Kulon Progo (Jumat, 17/12). Dukuh sejak tahun 2017 menjadi wilayah Binaan PT. Jasa Marga (Persero) dengan bantuan bibit pohon klengkeng, bantuan permodalan, dan pembangunan Taman. Kegiatan ini dihadiri Bupati Kulon Progo, Wakil Bupati Kulon Progo, Akhid Nuryanti Ketua DPRD Kulon Progo, Istana Ketua Komisi 4 DPRD Kulon Progo, Perangkat Daerah terkait dan Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Dwimawan Heru serta jajaran GM PT Jasa Marga Semarang.

Purdianta, S.Kom selaku Ketua Pembina Kelompok Taman Tresno melaporkan bahwa mulai tahun 2017 PT Jasa Marga telah membantu 2.500 bibit klengkeng, bantuan permodalan UMKM dan pembangunan destinasi Wisata Alam Taman Tresno dengan total bantuan Rp. 1,1 Milyar.

“Kami atas nama kelompok dan masyarakat pedukuhan Dukuh mengucapkan terima kasih atas bantuan sejak tahun 2017 dari PT Jasa Marga yang telah terbukti mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sampai saat ini yang sebagian besar petani pekebun”, paparnya.

 

Dwimawan Heru, Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kebijakan Pemerintah dalam Pembangunan Jalan Toll ada pendapat menimbulkan kerusakan lingkungan, dan tidak berpihak pada ekonomi kecil. Untuk itu program Corporate Social Responsibility (CSR) wilayah binaan untuk pembinaan dan pengembangan ekonomi masyarakat.

 

“Hari ini kita bisa menyaksikan Komitmen dari PT Jasa Marga dalam memberikan dukungan kepada masyarakat Semua inisiatif-inisiatif dari  masyarakat kita support untuk membangun wilayahnya, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan meningkatkan pertumbuhan wilayah. Karena pada dasarnya membangun Jalan Toll dengan adanya akses-akses baru ruas  di sekitar jalan tol tersebut tentu meningkat peningkatan akses ke kawasan pariwisata, kawasan industri dan pusat pertumbuhan baru lainnya”, tegas Heru.

 

Ketua DPRD Kulon Progo berharap pembangunan Bandara NYIA dan segera dilakukan Pembangunan Jalan Tol Solo-YIA tetap berpihak pada masyarakat dengan memberikan akses peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu juga PT Jasa Marga membantu menjadikan wilayah binaan di lokasi yang lain di Kabupaten Kulon Progo.

“Ada Bandara saat ini nanti yang disusul  Jalan Tol di Kulon Progo, kami berharap dilakukan pembangunan rest area yang nanti dimanfaatkan tidak saja oleh pengguna toll , tetapi juga oleh masyarakat sebagai Pusat Pemasaran Produk Lokal Kulon Progo. Kami khawatir kalau tidak ada tempat untuk penyerapan produk lokal, nanti kami hanya jadi penonton dan tidak bisa memanfaatkan pembangunan ini,”, tegas Akhid.

 

Peresmian Taman Tresno yang ditandai dengan pemotongan tumpeng, pengguntingan pita dan penanaman buah di sekitar lokasi Taman Tresno Jasa Marga. Dalam sambutannya Bupati Kulon Progo menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kontribusi PT Jasa Marga dalam membantu masyarakat dengan menjadikan sebagai wilayah binaan, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat

“Alhamdulillah spirit masyarakat Dukuh direspon PT Jasa Marga dengan sangat bagus. PT Jasa Marga sungguh-sungguh secara nyata membina usaha ekonomi masyarakat. Selanjutnya untuk masyarakat bisa memberikan dukungan pengelolaan tempat ini dan mendayagunakan potensi lokal sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekali lagi terima kasih kepada PT Jasa Marga yang telah membantu Kulon Progo khususnya di pedukuhan Dukuh ini mudah-mudahan memberikan perkembangan ekonomi disini ”, tegas Bupati.