Diskominfo Kulon Progo Gelar Workshop Keamanan Siber dan Informasi "Security Awareness"

Wates - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulon Progo mengadakan Workshop Keamanan Siber dan Informasi dengan tema "Security Awareness" di Ruang Pelatihan pada Kamis (25/11/21).

Acara diselenggarakan selama 2 hari pada 24-25 November 2021 dengan peserta staff dari bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo dengan dengan narasumber Dedy Hariyadi, S.T, M.Kom beserta tim dari Widya Security,  perusahaan yang berfokus pada cyber security analytic dan academy.

Dalam paparannya. Dedy Hariyadi, S.T, M.Kom., menyampaikan mengenai Windows System Powershell yang sebelumnya dinamai Microsoft Shell atau MSH (dengan nama-kode Monad) sebuah command line interface atau CLI (antarmuka baris-perintah) dan bahasa scripting yang sedang dikembangkan oleh Microsoft.

Permasalahan utama dalam Keamanan Siber dan Informasi yaitu banyak user yang membuka akun dengan password yang sama pada banyak akun, hal tersebut dapat menyebabkan potensi-potensi bahaya sehingga perlu cyber security untuk mencegah terjadinya tindakan cyber crime.

Lebih lanjut Dedy menjelaskan terkait tipe - tipe pengujian keamanan, bagaimana tahap-tahap cara melakukan pengujian dengan System National Institute of Standars and Technology (NIST), serta tahap –tahap Information Security Assessment Framework untuk pengendalian manajemen keamanan.

Dalam Workshop, Widya Security turut memperkenalkan Yuyu Scanner Web Informations Gathering untuk pengembangan aplikasi information gathering menggunakan metode hybrid scan berbasis graphical user interface, security network design, juga tipe tipe pengendalian, klasifikasi pengendalian, dan segmentasi jaringan untuk mengurangi dampak serangan dalam jaringan, layered host security yang perlu diamankan, cyber crime, prinsip dasar forensik digital, dan implementasi OSINT dalam investigasi.

“Program Smartcity Kominfo Kulon Progo juga memiliki potensi kemungkinan terjadi Cyber Crime oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. ” Ujar Dedy

Sementara Kepala Seksi Keamanan Informasi dan Persandian Dinas Kominfo Kulon Progo, Zuhri istanto,S.ST., berharap acara Workshop keamanan siber dan informasi Kulon Progo bisa menjadi prioritas untuk keamanan dan kedepannya dapat bekerja sama dengan Widya Security.

“Memang kondisi kita sebenarnya sudah seperti apa yang dipaparkan tadi tetapi kita Kominfo sudah berani maju dengan Smartcity, kami mengakui belum bisa mengeluarkan tata kelola pelayanan dengan baik, mungkin kedepannya jika ada kegiatan seperti ini kita bisa diskusi lagi.” Tutup Zuhri

M.C Kab.Kulon Progo/Humas/Rani/Agesti