Peran Forkomsanda dalam Pengamanan data Pribadi

Kulon Progo - Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kulon Progo mengadakan Forum Komunikasi Sandi Daerah (Forkomsanda) yang diadakan di Cafe Kepoeh Lendah, Kulon Progo, pada Senin (01/11/2021).

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Drs. Rudiyatno M.M., dimana acara ini dilaksanakan sebagai sarana untuk sharing informasi dan mempererat silaturahmi antara Forum Komunikasi Sandi Daerah dalam pengamanan data pribadi, yang terdiri dari pegawai Diskominfo terutama di bagian Persandian se-Kabupaten/Kota di DIY, kemudian personil sandi di Polda, Porem, lalu Kodim, Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) AAU, ataupun Pangkalan Angkatan Laut (Lanal). Tema pada acara kali ini terkait Peran Forkomsanda dalam Implementasi Perlindungan Data Pribadi.

Forum kali ini turut dihadiri 2 narasumber dari Kepala Museum Sandi BSSN dan Kepala Bidang Keamanan Informasi dan Persandian Diskominfo DIY. Kedua narasumber tersebut menyampaikan materi mengenai Forkomsanda dalam perlindungan data diri, acara ini diadakan setiap 3 bulan sekali.

Pada kesempatan kali ini Kepala Museum Sandi BSSN, Setyo Budi Prabowo S.ST., selaku narasumber pertama dalam materinya menyampaikan peran Forkomsanda dalam implementasi perlindungan data yakni mengedukasi mengenai pentingnya data pribadi kepada masyarakat, mendorong pengamanan dalam hal Penyelenggaraan Sistem Elektronik di ruang lingkup dan wilayah kerja nya yang menyangkut data pribadi, proaktif terhadap isu-isu berkaitan perlindungan data pribadi.

“Semoga dengan kegiatan yang dilakukan ini, punya dampak positif tidak hanya silaturahmi tetapi berdampak kepada masyarakat, untuk meningkatkan awareness terutama di bidang informasi security” tambah Setyo Budi

Kepala Bidang Keamanan Informasi dan Persandian Dinas Kominfo DIY, Dr. Sayuri Egaravanda, S.Kom., M.Eng., menyampaikan tujuan perlindungan data dan menjamin hak dasar warga negara terkait dengan perlindungan data pribadi, menjamin masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah bahkan organisasi, mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan industri teknologi, informasi dan komunikasi, serta mendukung peningkatan daya saing industri dalam negeri.

“Harapannya untuk kedepannya, Forkomsanda mulai bisa banyak belajar hal baru, berbenah diri, kemudian mengupdate informasi, dan memberikan peran yang lebih baik kepada bagian internal organisasinya, serta meningkatkan keamanan informasi, bagaimana melakukan kampanye, memberikan bantuan literasi digital, dan menjaga aset-aset informasi DIY“ pungkas Sayuri.

MC. Kulon Progo/Annisa/Tri Handoko/Julio Nugroho