Penandatangan Kesepakatan Bersama Pemkab Kulon Progo, Magelang dan Purworejo

Wates - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo, Pemkab Magelang, dan Pemkab Purworejo melakukan Penandatangan kerjasama dalam rangka mewujudkan keserasian dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan antar Pemerintah Daerah yang berbatasan, serta memanfaatkan dan memelihara sumber daya daerah secara optimal, dilaksanakan di Aula Adikarto Kompleks Pemkab Kulon Progo, Senin (25/10/2021).

Penandatanganan kesepakatan bersama ini dilakukan karena penandatanganan kesepakatan sebelumnya masa berlakunya sudah habis pada tahun 2020 sehingga diperlukan kesepakatan baru sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 tahun 2018 tentang kerja sama serta Peraturan Menteri nomor 22 tahun 2020 tentang tata cara kerja sama daerah dengan daerah lain dan tata kerja sama dengan pihak ke 3.

Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo, menjelaskan bahwa Kabupaten Kulon Progo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo di sebelah barat, serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang di sebelah di sebelah utara sehingga dengan kondisi wilayah saling berbatasan tentunya perlu adanya kerjasama antara tiga kabupaten, memanfaatkan dan memelihara sumber daya secara optimal maka pada hari ini diselenggarakan penandatanganan bersama, kesepakatan bersama, dan perjanjian kerja sama antara tiga Kabupaten ini.

“Harapan kami tentu perjanjian kerja sama ini akan menguntungkan ketiga belah Kabupaten ini, menyelesaikan berbagai persoalan baik persoalan pembangunan, pemerintahan maupun pembinaan kemasyarakatan ini tiga tugas besar dari pemerintah, khususnya pemerintah daerah akan bisa dikerjasamakan jadi kalau kita sudah melakukan kesepakatan bersama kemudian nanti dinas-dinas atau organisasi perangkat daerah melakukan kerja sama nanti semua persoalan di atasi secara bersama sama jadi membangun kebersamaan itu yang harus dilakukan.” pungkas Sutedjo.

Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka program Eliminasi Malaria di kabupaten Kulon Progo dan pencegahan penyakit menular lainya di perbatasan Kabupaten Kulon Progo yaitu Kabupaten Purworejo, dan Magelang, sehingga diperlukan kerja sama oleh 3 Kabupaten tersebut.

Selain itu, Bupati Magelang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Magelang Drs. Adi Haryanto menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi, kepada pemerintah Kabupaten Kulon Progo atas penyediaan fasilitas kegiatan ini sehingga terselenggara dengan baik.

Dari ketiga pemerintahan ini melakukan kesepakatan bersama. Penandatangan ini dilakukan tentu untuk mengatasi masalah yang harus diatasi khususnya bagian lingkup kesehatan yang menjadi objeknya di lintas batas. Kerjasama di bidang kesehatan bertujuan untuk meningkatkan mutu kesehatan secara bersama-sama tanpa terhambat oleh batasan wilayah administrasi, salah satunya penanganan dan pencegahan penyakit malaria. Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Magelang ini sangat mendukung eliminasi malaria di Kabupaten Kulon Progo untuk memenuhi target kementerian kesehatan yang diharapkan tercapai di 2023.

“Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Magelang berharap melalui penandatanganan kesepakatan bersama ini akan terus menjalin persahabatan antar daerah, terjadi komunikasi yang baik, dan saling menguntungkan dan bisa menambah dampak ekonomi sosial dan budaya yang pada ujungnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Pungkas Adi Haryanto

Sementara itu, Bupati Purworejo R.H Agus Bastian, SE, MM menyampaikan rasa terima kasih Pemkab telah bekerja sama secara sinergi di pemerintahan, kemasyarakatan ,dan pembangunan, kerja sama ini selalu terus berlanjut di masa mendatang terlebih dengan adanya beberapa proyek strategis nasional seperti, Jogjakarta International Airport, badan Otoritas Borobudur, dan bendungan tentunya. Lalu pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan oleh ketiga dinas kesehatan, kerjasama ini bertujuan untuk mewujudkan mutu pelayanan dalam bidang penanganan penularan dan KRB.

“Diharapkan upaya yang telah diusahakan ini akan menciptakan iklim yang harmonis dalam rangka mempercepat pembangunan di semua bidang dan mewujudkan kesejahteraan di 2 kabupaten. serta kami juga berharap dengan adanya kerja sama antara ketiga kabupaten ini masalah tersebut akan mudah dan cepat terselesaikan.” tambah Agus Bastian


MC.Kulon Progo/Tri Handoko/Annisa/Afli