Dinas Kominfo Melaksanakan Kunjungan Kerja ke BTM (Batu Tourism Mall)

Batu - Dalam upaya Pengembangan Desa Wisata, guna memperkuat sektor pariwisata lokal sebagai sarana media informasi dan promosi, maka Dinas Komunikasi dan Informatika bersama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kunjungan kerja ke BTM (Batu Tourism Mall) milik Dinas Pariwisata Kota Batu Jawa Timur, Selasa (26/10/2021). Rombongan diterima langsung oleh Kepala Dinpar Kota Batu Drs.Aries As Siddiq, MH.

Dalam kunjungan tersebut turut ikut serta sejumlah wartawan yang tergabung dalam Paguyuban Wartawan Kulon Progo.

Kepala Dinkominfo Kulon Progo Drs. Rudiyatno, MM menyampaikan kunjungan tersebut untuk menggali informasi sejauh mana program Pemkot Batu memaksimalkan peran media informasi dalam mengembangkan dan memperkuat promosi pariwisata yang nantinya bisa diaplikasikan di Kulon Progo.

"Seperti yang kita tahu Batu sangat dikenal akan pariwisatanya, hal tersebut tak lepas dari peran media didalamnya ,setidaknya bisa kita replikasi untuk pengembangan promosi Kulon Progo," kata Rudi.

Menurut Rudi, peran media informasi saat ini sangat penting dalam kaitan pengembangan wisata maupun pengembangan potensi-potensi yang ada disetiap daerah. Harapannya kedepan potensi-potensi Kulon Progo bisa lebih dikenal dan bisa sejajar dengan potensi yang ada di Kota Batu.

Hal senada disampaikan Kepala Dinpar Kulon Progo Joko Mursito, S.Sn,MA, menurutnya banyak ilmu yang bisa direplikasi dari Pemkot Batu dalam hal pengembangan dan pengelolaan wisata.

"Kami sangat tertarik dengan pengembangan wisata melalui pola wisata desa dan desa wisata, karateristik Batu dan Kulon Progo dibasis yang sama akan hal tersebut," kata Joko.

Dijelaskan Joko, dengan basis wisata yang sama harapannya bisa dikembangkan juga di Kulon Progo. Dan kedepan bisa menjadikan pariwisata Kulon Progo berkembang secara kolaboratif antara seluruh unsur. Selain itu dimasa pandemi diperlukan juga sinergi yang kuat antara media dan pariwisata untuk kebangkitan pariwisata.

Sementara itu Kadisparta Kota Batu Drs.Aries As Siddiq, MH mengatakan pihaknya sangat terbuka untuk saling bertukar info dan ilmu tentang
kepariwisataan. Dalam hal ini Pemkot Batu selalu berkomitmen dan bersinergi menfasilitasi pelaku wisata di semua sektor yang ada di Batu untuk berkembang.

Dalam kesempatan ini Kadisparta Batu mengajak seluruh rombongan untuk berkeliling di area BTM melihat Galeri Produk Ekonomi Kreatif yang di display di BTM. Mulai dari Produk Pakaian dan Aksesoris, Kuliner Khas Kota Batu, Merchandise dan Kerajinan Kriya, Produk Wisata Ekstrem dan Petualang, Hingga Produk Kesenian khas Kota Batu. Dan dilanjutkan mengunjungi Desa Wisata Anggrek Tulungrejo Bumiaji Kota Batu Jawa Timur.

 

M.C. kab.Kulon Progo/ Tn