Kulon Progo Melaksanakan Pemilihan Lurah Serentak

Wates- Dalam rangka Pemilihan Lurah (Pilur) Kabupaten Kulon progo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo memantau pelaksanaan Pilur serentak yang diselenggarakan secara Virtual melalui Zoom Meeting, di Command Room Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo pada Minggu ( 24/10/2021).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD Dalduk dan KB) Drs. Ariadi, MM dalam keterangannya mengatakan, bahwa tahapan Pilkades Serentak 2021 di Kulon Progo sesuai rencana awal, yakni pengundian nomor urut bakal calon kades yang dijadwalkan ulang pada 10-11 Oktober 2021 Selanjutnya, tahapan kampanye yang pada 18-20 Oktober 2021.

Drs. Ariadi, MM menegaskan bahwa kampanye di Kabupaten Kulon Progo bebas dari black campaign dan untuk pelaksanaan pengambilan suara sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang tertera pada Peraturan Bupati (PERBUP) no. 32 tahun 2021 mengenai protokol kesehatan terkait dengan pemilihan lurah secara serentak di masa pandemi.

"Harapannya mudah-mudahan menghasilkan lurah atau pemimpin yang terbaik di kelurahan masing-masing, tentu mewujudkan Kulon Progo yang aman ,tentram ,damai, berkarakter, berbudaya," tambah Ariadi.

Biro Tata Pemerintahan DIY KPH Yudhanegara menyampaikan bahwa pihak TAPEM Pemda DIY akan mendampingi kegiatan pemilihan Lurah di setiap Kelurahan.

"Semoga ini sukses, amanah untuk yang terpilih dan juga teman-teman yang melaksanakan pemilihan Lurah mudah-mudahan berjalan dengan baik sampai pelantikan'' tambah KPH Yudhanegara.

Sementara itu Panewu Kelurahan Pengasih, Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.si menyampaikan kondisi pelaksanaan Pilur di kelurahan Pengasih berjalan dengan lancar sesuai protokol kesehatan serta jumlah pemilih di TPS 2 terdapat 146 orang yang sudah memilih dari 409.

Pelaksanaan pengambilan suara Pemilihan Lurah yang terdiri dari 68 kelurahan dan terdapat 650 TPS di kabupaten Kulon Progo. Kemudian penyediaan fasilitas, khususnya Isoman, Rumah Sakit, dan Rutan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) tidak menggunakan TPS khusus tetapi salah satu anggota TPS 3 memberikan fasilitas kepada mereka sesuai dengan PERBUP no. 32 tahun 2021 yang untuk isoman tetap mendapat fasilitasi dan didampingi oleh tenaga kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, BPBD,Polres Kulon Progo, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kejaksaan,Tata Pemerintahan (TAPEM) DIY, Sekretariat daerah (Sekda)


MC. Kulon Progo/ Annisa/Tri Handoko