Dinas Kominfo Terima Visitasi KID DIY Terkait Monev Keterbukaan Informasi Publik

Wates - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kulon Progo menerima kunjungan tim juri dari Komisi Informasi Daerah (KID) DIY di Ruang Rapat Rumah Tangga pada Rabu (15/10/2021). Rombongan KID dipimpin oleh Kepala Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi KID DIY, Sri Surani, S.P dalam rangka Visitasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik tahun 2021.

Drs. Rudiyatno, M.M, Kepala Dinas Kominfo dalam sambutannya mengatakan bahwa kedatangan KID DIY menjadi motivasi bagi Dinas Kominfo untuk menjadi lebih baik dalam melakukan pelayanan. Rudiyatno berharap Dinas Kominfo dapat memenuhi kriteria-kriteria dalam keterbukaan informasi publik.

"Mudah-mudahan proses visitasi nanti bisa berlangsung dengan baik, artinya koridor-koridor yang diterapkan dari KID, kami sudah berusaha untuk memenuhinya,” jelas Rudiyatno

Sri Surani mengatakan bahwa tujuan dari visitasi ini adalah untuk menentukan juara 1,2, dan 3. Beliau menambahkan bahwa serangkaian tahapan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi yang tahapannya terdiri dari self assesment questionnaire (SAQ), tahap verifikasi website dan uji akses sudah selesai dilaksanakan.

“Dari awal kita sepakat bahwa penilaian bukan tujuan utama, tapi bagaimana memastikan pelayanan kita kepada masyarakat berkaitan dengan hak atas informasi,” ujar Rani.

Acara penilaian dimulai dengan ditampilkannya video Pelayanan Informasi PPID Pembantu Dinas Kominfo. Selanjutnya, Rudiyatno melakukan presentasi tentang berbagai layanan yang mendukung keterbukaan informasi publik di lingkungan Dinas Kominfo. Dalam monev ini, turut dipresentasikan pula laporan anggaran khusus untuk pengelolaan PPID, peningkatan sarana pelayanan, serta akses layanan informasi yang dapat dijangkau oleh masyarakat Kulonprogo.

Selain itu, juga dilakukan pengecekan dokumen-dokumen pendukung yang merupakan syarat administrasi dari Monev Keterbukaan Informasi Publik kali ini. Kemudian, sebagai tahap terakhir penilaian dari visitasi ini, rombongan KID meninjau langsung sarana dan prasarana yang ada di PPID Pembantu Dinas Kominfo Kulon Progo.

Kulonprogo/Fadia/Afli