Penilaian KIM Award Kabupaten Kulon Progo Tahun 2021

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo bersama Tim Juri lainnya mengadakan pertemuan untuk penilaian Kelompok Informasi Masyarakat yang ikut dalam ajang KIM Award Kabupaten Kulon Progo Tahun 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Ruang Rapat Bagian Rumah Tangga, Komplek Setda Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (21/9/2021)

Seperti yang telah diketahui bersama, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dibentuk sebagai mitra Pemerintah Daerah hingga Pemerintah Desa untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo bertanggungjawab atas pembinaan dan keberlanjutan KIM.

Pada kesempatan ini, Kabid. Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS) Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Bambang Susilo, M.Eng., mengatakan peserta KIM Award pada tahun ini berjumlah 11 KIM, yang seluruhnya adalah KIM lama yang sudah terbentuk, sementara untuk KIM baru tahun ini belum diikutkan.

Dari 11 KIM yang ada, sudah mengirimkan video profil tentang kegiatan, inovasi dan kelengkapan administrasi untuk dilakukan penilaian.

“Form penilaian sudah disediakan, mohon Bapak Ibu sekalian sebagai tim juri untuk melakukan penilaian. Sebaiknya penilaian dilakukan bersama-sama, nanti kita cermati terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh KIM maupun kelengkapan sarana prasarana serta administrasi terkait dengan pelaksanakan KIM, ” Ujar Bambang.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo , Ir. Heri Budisantosa, mengatakan dari 11 KIM yang telah mengirimkan video profil, akan dinilai sesuai dengan kriteria yang telah dibuat untuk menentukan juara I sampai dengan juara harapan II.

“Kriteria yang dinilai diantaranya berupa kelengkapan sarana prasarana, administrasi, kegiatan dalam berbagai bidang, serta aktivitas KIM yaitu akses informasi, diskusi, implementasi, networking, diseminasi informasi dan aspirasi, serta inovasi, ” Ujar Heri Budi.

Penilaian dilakukan dengan melihat secara bersama-sama video profil yang telah dkirimkan masing-masing KIM ke email Dinas Kominfo Kulon Progo serta mengecek konten website dari masing-masing KIM peserta lomba.

Heri Budi menambahkan untuk range juara, akan diambil 5 besar, yaitu juara 1-3 serta juara harapan 1 dan harapan 2. Ke lima besar itu nanti akan dilakukan seleksi ke tahap selanjutnya yaitu visitasi ke masing-masing sekretariat KIM, untuk melihat secara langsung kegiatan di lapangan.

Tim Juri KIM Award tingkat Kabupaten Tahun 2021 kali ini, terdiri dari unsur Pemerintah, Perguruan Tinggi, Media, dan Mahasiswa.

Ns/IKPS/Kominfo