Berikan Kemudahan Akses Informasi Geospasial, Diskominfo Gelar Bimtek Pengelolaan Geoportal

Wates - Guna mewujudkan kebijakan Satu Peta Pemerintah Republik Indonesia, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Bimbingan teknis (Bimtek) Pengolahan Geoportal di ruang Sermo, komplek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo, pada Rabu (22/9/2021)

Pelaksanaan Bimtek tersebut diselenggarakan oleh Bidang Aplikasi Informatika (APTIKA) bekerjasama dengan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS) pada Seksi Statistik. Diikuti perwakilan seluruh OPD dilingkungan Pemkab Kulon Progo yang membidangi terkait keperluan data dan peta, dipandu langsung oleh Kepala Bidang APTIKA Diskominfo Kulon Progo Sutarman S.S.T.P., M.Eng

"Bimtek dihadiri perwakilan OPD yang membidangi keperluan data dan peta, diharuskan setiap peserta diwajibkan membawa laptop guna mempraktikan dan mesimulasikan, sesuai dengan kesepakatan di tahap pertama ini, setiap peserta membawa data yang nanti bisa diolah untuk bisa dimasukan di satu peta di Geoportal Pemkab Kulon Progo," ujar Sutarman saat memberikan pengarahan kepada peserta Bimtek. 

Sutarman berharap Geoportal di Kulon Progo dapat diterapkan dan memudahkan baik dari sisi aparatur, pengambilan kebijakan maupun dari sisi masyarakat yang khususnya ingin mengakses data yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kulon Progo Drs. Rudiyatno, M.M. mengatakan di era informasi ini yang berkaitan dengan Geospasial ataupun informasi obyek suatu penggunaan ruang sebaik nya bisa diakses dengan mudah melalui jejaring teknologi informasi baik berupa data maupun informasi. 

Rudiyatno yakin bahwa informasi Geoportal akan dapat diakses dan bermanfaat bagi masyarakat ataupun pihak-pihak yang berkepentingan terhadap suatu data tersebut. Ia meminta para peserta dapat mengikuti Bimtek dengan sungguh-sungguh karena hasil data yang dibuat akan dapat dipantau secara nasional. 

Berkaitan dengan pengelolaan informasi data Geospasial dan penggunaan aplikasi QGIS yang dikembangkan oleh UGM guna input data Geoportal, dalam kegiatan Bimtek kali ini turut hadir melalui video convefrence Dosen Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada (UGM) R. Ibnu Rosyadi, S.Si., M.Cs yang bertindak sebagai narasumber.

Ibnu Rosyadi menjelaskan materi pengantar terkait pemetaan geografis hingga teknis penggunaan QGIS sebagai aplikasi untuk menginput data peta yang akan disajikan ke dalam Geoportal.

Dalam Bimtek ini, Ibnu Rosyadi membimbing dan memantau peserta secara virtual dengan melakukan sharescreen atau menjelaskan modul mulai dari tahap pembukaan aplikasi, teknis penginputan data-data hingga menjadi gambar peta, input data ke Geoportal, sampai kepada teknis penyimpanan pada aplikasi QGIS.

Sistem informasi Geoportal milik Pemkab Kulon Progo dapat diakses melalui website www.geoportal.kulonprogokab.go.id dimana pada laman tersebut secara jangka panjang akan dimanfaatkan untuk menyajikan Katalog data dan informasi Geospasial dalam format asli maupun format saji di Kulon Progo.

Dengan hadirnya Geoportal, masyarakat Kulon Progo lebih dimudahkan dalam memperoleh data dan informasi terkait aspek keruangan yang menunjukkan lokasi dan letak dan posisi suatu objek yang dinyatakan dalam koordinat tertentu. Bagi dunia pendidikan yang akan berkontribusi dalam penelitian dan pengembangan wilayah juga akan terbantu dengan hadirnya sistem ini. Selain itu Kemudahan akses data dan informasi geospasial akan menciptakan efisiensi serta efektifitas baik waktu ataupun finansial pada proses penelitian. Ini juga dapat untuj mendorong akselerasi pembangunan wilayah secara berkelanjutan khususnya di wilayah Kabupaten Kulon Progo. MC Kab.Kulon Progo/IKPS/Humas/Rizki