ILDI Gelar Tes Kebugaran Jasmani Mandiri Melalui SIPGAR

Pengasih - Dimasa pandemi Covid-19 ini, masyarakat harus tetap rutin melakukan aktifitas fisik, seperti berolahraga atau melakukan senam dan berjalan kaki, Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) DIY menggelar tes kebugaran jasmani mandiri untuk wilayah kabupaten Kulon Progo, Senin (20/9/2021). Pada acara tersbut sekaligus memperkenalkan aplikaisi SIPGAR yang digagas Kementerian Kesehatan RI, dilaksanakan di Gedung Dyo Futsal Tunjungan, Pengasih, Wates Kulon Progo.

Aplikasi SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode Rockport (Tes jalan cepat dan atau lari sepanjang 1,6 Km tanpa berhenti)

Hadir Ketua DPP ILDI Ambar Susilastuti dan panitia pelaksana ILDI DIY Dra. Nur Hartana, MS  maksud dan tujuan dari kegiatan ini ialah mewujudkan masyarakat D.I Yogyakarta sehat, bugar dan produktif.

Ambar Susilastuti selaku Ketua DPP ILDI mengingatkan seluruh masayarakat untuk lebih peduli terhadap kebugaran tubuh dan lebih peduli untuk menangguli Covid-19. Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan masyarakat untuk memulai gaya hidup sehat, adalah berolahraga menggunakan aplikasi  SIPGAR. Dengan berbagai manfaat yang didapatkan yakni, sehat dan bugar.

“Aplikasi SIPGAR merupakan aplikasi yang mempunyai manfaat untuk pengukuran kesehatan/kebugaran secara mandiri dan aplikasi SIPGAR juga dibuat oleh KEMENKES” Ujar Ambar

Aplikasi ini dapat diunduh di platform Playstore, sehingga semakin mudah digunakan untuk olahraga di mana pun dan kapan pun.

Ambar Susilastuti mengajak masyarakat untuk rutin melakukan aktivitas fisik, dengan berolahraga, minimal 30 menit perhari atau 10.000 langkah, lebih lanjut Ia menjelaskan untuk Tes Rockport, peserta diharuskan untuk melakukan jalan cepat/berlari sesuai dengan kemampuan dan konstan pada lintasan yang datar/landai sejauh 1,6 Meter. Waktu tempuh dalam menit dan detik yang didapat akan dikonversi sesuai dengan usia dan jenis kelamin kedalam tabel. Sehingga akan didapat 5 kategori kebugaran yaitu baik sekali, baik, cukup, kurang, kurang sekali atau gagal.

“Di Aplikasi SIPGAR itu bisa menngukur kesehatan kita sendiri secara mandiri dengan cara lari atau jalan cepat” pungkasnya.

ILDI sendiri melakukan menggelar tes kebugaran jasmani mandiri untuk wilayah DIY yang mencakup Kota Jogja, Sleman, Bantul, Yogyakarta, Kulon Progo, dan Gunung Kidul. IKPS/Humas/Dewan/Della