Rekapitulasi Penilaian PPID Award tahun 2021 dan Penentuan Jadwal Visitasi

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo bersama Tim Juri lainnya, kembali melakukan pertemuan membahas rekapitulasi penilaian PPID Award tahun 2021 dan penentuan jadwal visitasi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Ruang Rapat Bagian Rumah Tangga, Komplek Setda Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (14/9/2021)

PPID Award merupakan ajang Monev Keterbukaan Informasi Badan Publik yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo bertujuan untuk mendorong dan memotivasi setiap PPID Pembantu pada Dinas, Setda, Setwan, Badan dan Kapanewon hingga Kalurahan agar mengisi konten website berupa dokumen, data, informasi dan kelengkapan lainnya, sesuai tahapan dan kriteria yang telah ditentukan.

Menurut Kabid Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS), Bambang Susilo,S.Si, M.Eng., PPID Pembantu se-Kabupaten Kulon Progo berkewajiban untuk mengumumkan, menyediakan dokumen serta melayani informasi dan aduan kepada publik.

"Hal ini penting, karena setiap Badan Publik sesuai dengan Undang-Undang nomor 14 tahun 2008, Keterbukaan Informasi Publik (KIP), secara terbuka harus mengumumkan, menyediakan dan melayani publik, " ujar Bambang.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Ir. Heri Budisantosa, menjelaskan, pertemuan kali ini diadakan untuk tindak lanjut penilaian PPID Award yang waktunya sempat terkendala oleh beberapa hal, karena itu diharapkan beberapa masukan serta sarannya agar puncak acara bisa terlaksana tepat waktu, yaitu tanggal 23 September 2021.

“Visitasi kita bicarakan bersama jadwalnya, dan kalau bisa satu dua hari selesai mengingat keterbatasan waktu. Menuju tanggal 23 September masih ada 5 hari kerja, mudah-mudahan dengan 5 hari tersebut efektif untuk visitasi, final hasil kemudian pemeringkatan” ujar Heri Budi.

Menanggapi hal tersebut, Bambang meyakinkan kepada tim untuk tidak pesimis terhadap waktu. Walaupun begitu, jika ingin mengejar target waktu perlu perencanaan serta pelaksanaan yang ketat, tidak boleh mundur lagi. Kegiatan saat ini memang sangat padat, Bambang menyarankan untuk fokus kepada satu kegiatan terlebih dahulu.

Lebih lanjut Heri Budi menambahkan dari keseluruhan 42 OPD dengan tambahan 12 Kalurahan, dipilih 5 besar dari masing-masing kategori, sehingga nantinya akan dilakukan visitasi ke 15 tempat tersebut, diantaranya 5 besar Dinas, 5 besar Kapanewon, serta 5 besar Kalurahan.

“Hasil dari penilaian masing-masing Juri sudah masuk tinggal direkap saja untuk mengetahui hasil 15 besar untuk OPD dan Kalurahan,” Ujar Heri Budi

Bambang menyarankan, untuk tanggal 14 September esok hari nama dari 5 besar di masing-masing kategori sudah ada. Jadi, bisa langsung dilaksanakan visitasi keesokan harinya.

Rapat dilanjutkan dengan membahas pembagian anggota kelompok visitasi serta pembahasan terkait administrasi PPID Award.

"Tim Visitasi dibagi dua, Tim I melakukan penilaian ke Kapanewon dan Kalurahan, sedangkan Tim II ke OPD (Dinas) dan Kalurahan, " jelas Bambang.

Tim Juri PPID Award tingkat kabupaten tahun 2021 ini, terdiri dari unsur Pemerintah, Akademisi/Perguruan Tinggi, Mahasiswa, Kelompok Informasi Masyarakat, dan Wartawan.