Rapat Pemantapan Penyambutan Tim Penilai Apresiasi Desa Tingkat Nasional

Setelah Rapat melalui zoom meeting dengan KID DIY, Biro TAPEM, Bhakti, dan Kominfo DIY, kini Dinas Kominfo Kulon Progo menggelar Rapat Koordinasi bersama Dinas PMD Dalduk KB, Kapanewon Pengasih, Bagian Pemerintahan, dan Bagian Rumah Tangga Setda Kabupaten Kulon Progo, dan Kalurahan Karangsari, Kamis (2/9), di Kalurahan Karangsari.

Rapat ini dalam rangka untuk memantapkan rencana penyambutan Tim Penilai Apresiasi Desa Tingkat Nasional dan menyiapkan materi Pendalaman Lapangan terkait dengan Keterbukaan Informasi Publik di Kalurahan Karangsari.

Menurut Kabid Informasi Komunikasi Publik, dan Statistik Dinas Kominfo Kulon Progo, Bambang Susilo, M.Eng., Tim Juri dari pusat akan Hadir pada tanggal 7 September 2021.

"Tim Juri terdiri dari : Komisi Informasi Pusat, Komisi Informasi Daerah, Biro TAPEM, dan Biro Barnas, " jelas Bambang.

Bambang mengatakan, mengingat hal ini merupakan peristiwa penting bagi prestasi Kalurahan Karangsari khususnya dan Kulon Progo pada umumnya, maka harus disiapkan dengan sebaiknya-baiknya.

'Kesiapan yang harus dilakukan diantaranya, prosesi penyambutan, kelengkapan sarana prasarana PPID Desa/Kalurahan Karangsari dan Materi sebagai bahan paparan di hadapan dewan Juri," kata Bambang.

Lebih jauh, Kabid IKPS, Bambang Susilo, mengatakan, hal yang terpenting dalam penyiapan materi paparan yaitu : Inovasi (60 %), Partisipasi Masyarakat (20 %), dan Dokumen (20 %).

Pada Kesempatan ini, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, Drs. Rudiyatno, M.M., memberikan arahan, bahwa peluang yang sangat baik ini harus disiapkan dengan sebaik-baiknya secara bersama-sama dengan unsur terkait.

"Hajatan besar ini tidak hanya milik Kalurahan Karangsari, tetapi sudah merupakan milik Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, oleh karena itu semua yang terlibat harus ikut memperjuangkan dan memberikan saran dan pendapat maupun bantuan yang bisa diberikan kepada pihak Kalurahan, sesuai tupoksi masing-masing," tegas Rudiyatno.

Sementara itu, utusan dari Kapanewon Pengasih memberikan masukan terkait dengan pengalaman penyambutan Juri tingkat Nasional.

Sedangkan dari peserta rapat yang lain, juga memberikan masukan terkait dengan jamuan makan dan minum yang sebaiknya bernuansa lokal konten.

Dari beberapa masukan peserta rapat belum semua disetujui, tetapi masih ditampung, dan akan diputuskan pada hari Senin, 6 September 2021 pada saat Rapat Final bersama Tim dari Provinsi bersamaan dengan gladi bersih.

(Eliza/IKPS/Kominfo)