Karangsari Siap Sambut Tim Apresiasi Desa Tingkat Nasional

Menindaklanjuti surat dari Komisi Informasi Pusat dengan nomor surat 549/KIP/VIII/2021 tertanggal 23 Agustus 2021 perihal Pemberitahuan Tahap Visitasi Keterbukaan Informasi Publik Desa, Komisi Informasi Daerah (KID) Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan Rapat Koordinasi Tahap Visitasi Keterbukaan Informasi Publik Desa pada Kalurahan Karangsari secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting pada Selasa (31/08/2021)

Rapat ini diikuti oleh Unsur KID DIY, Unsur Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Diskominfo DIY, Dinas PMD Dalduk dan KB Kulon Progo, Carik Kalurahan Karangsari, serta unsur Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Sekretariat Daerah DIY.

Pada kesempatan ini, Komisioner KID DIY, Sri Surani, menjelaskan, Kalurahan Karangsari masuk 10 besar nasional dalam lomba Apresiasi Desa yang diadakan oleh Komisi Informasi Pusat bekerjasama dengan Bhakti Kominfo dan Kemendes, maka dari itu Kalurahan Karangsari akan menuju tahap berikutnya yaitu kunjungan atau visitasi lapangan.

“Visitasi lapangan dilakukan dari bulan Agustus sampai September untuk 10 desa terbaik. Jadwal visitasi ke Kalurahan Karangsari akan dilaksanakan pada tanggal 7 September 2021,” jelas Rani.

Lebih lanjut Rani menjelaskan, hal yang dibahas pada forum kali ini terkait tiga hal besar yaitu terkait persiapan teknis substansi dari Kalurahan Karangsari, kemudian persiapan penyambutan, protokol dan sebagainya, yang terakhir terkait sarana dan fasilitas pendukung lainnya.

Rani berharap peserta forum ini dapat mengemukakan pendapatnya terkait hal-hal tersebut, terutama kaitannya dengan inovasi desa karena memiliki bobot nilai yang paling besar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik, Ir. Heri Budisantosa setuju agar inovasi desa lebih dibahas mendalam lagi.

Heri Budi menyampaikan, salah satu inovasi dari Karangsari yaitu “Lurah Sapa Warga” yang ada di website Kalurahan Karangsari perlu dioptimalkan fungsinya dengan terus mengajak partisipasi masyarakat untuk menggunakan aplikasi ini, khususnya pada masa Pandemi ini.

“Warga masyarakat agar didorong untuk lebih aktif lagi memanfaatkan aplikasi Lurah Sapa Warga ini, " tegas Heri Budi.

Disampaikan juga terkait teknik presentasi bisa ditampilkan terlebih dahulu video profil singkat Kalurahan Karangsari di awal berdurasi 3-5 menit, setelah itu baru mengerucut ke penjelasan terkait pengelolaan informasi publiknya.

Selaku Tuan Rumah, Carik Karangsari, Ari Wibowo, mengatakan bahwa Kalurahan Karangsari siap untuk melakukan presentasi. Pihaknya saat ini sedang mempersiapkan materi untuk dipresentasikan nanti, tentunya sesuai dengan poin-poin yang dipersyaratkan.

Ari meminta bantuan kepada Dinas Kominfo Kulon Progo dan KID DIY untuk mengoreksi materi yang telah dibuat nantinya.

“Masih ada sisa waktu beberapa hari ini, mohon jika materi yang dibuat Karangsari ada yang kurang pas atau bagaimana KID DIY dan Diskominfo Kulon Progo bisa memberikan masukan,” jelas Ari.

Selain itu, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik, Bambang Susilo, S.Si., M.Eng., mengatakan terkait inovasi bisa ditampilkan secara visual agar lebih menarik. Sebagai contoh salah satu inovasi internet masuk pedukuhan, masyarakat bisa difoto ketika sedang di Gardu Ronda atau Cakruk saat menggunakan fasilitas internet. Kemudian pihak Kalurahan bisa menjelaskan hal tersebut.

Forum dilanjutkan dengan diskusi lebih mendalam terkait topik yang dibahas, termasuk kelengkapan sarana dan pelaksanaan penyambutan Tim Juri serta protokoler acara.

Ns/IKPS/KominfoKP